Liga Jerman 2019

Hasil Dortmund vs Mainz Skor 2-1: Ungguli Bayern di Klasemen

Oleh: Wan Faizal - 14 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 menjadi hasil laga Dortmund vs Mainz di Liga Jerman sehingga BVB sementara merebut puncak klasemen Bundesliga dari Bayern Munchen.
tirto.id - Borussia Dortmund sukses mengamankan tiga angka setelah mengalahkan Mainz 2-1 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (13/4/2019) dini hari. Tambahan tiga angka ini membawa BVB untuk sementara naik ke peringkat pertama sambil menanti aksi Bayern Munchen pada Minggu (14/4/2019) malam.

Mendapatkan kewajiban untuk menang, Dortmund langsung bermain agresif. Peluang pertama lahir dari tandukan Thomas Delaney, namun masih bisa diamankan Florian Muller. Menit 11 giliran sepakan Jacob Bruun Larsen yang masih melebar dari gawang tim tamu.

Tiga menit kemudian Larsen kembali membuang peluang emas ketika sepakannya diamankan Muller. Namun kebuntuan pecah juga di menit ke-17 lewat aksi Jadon Sancho. Gelandang muda asal Inggris itu menyambar umpan silang Mario Gotze dan membawa tuan rumah unggul 1-0.

Mainz yang tak punya catatan bagus ketika bertandang ke markas Dortmund mencoba menjawab gol tersebut. Dua menit setelah gol Sancho, Karim Onisiwo mencoba peruntungannya, tetapi tembakannya bisa diamankan Roman Burki.

Sial bagi Mainz, asa untuk menyamakan kedudukan malah berubah menjadi petaka. Dortmund dengan gemilang mampu memainkan bola di pertahanan Mainz di menit 24. Kerjasama manis yang mereka lakukan diakhiri umpan silang Delaney dan disambar sontekan Sancho untuk membawa timnya unggul 2-0.

Agresivitas Mainz sendiri mendadak naik usai tertinggal dua gol. Ada satu kans bagus bagi mereka di jelang akhir babak pertama untuk memperkecil skor. Berawal dari umpan Jean-Philippe Mateta, Onisiwo berusaha mengecoh Burki dengan sepakan backheel namun bola hanya membentur tiang gawang.

Memasuki babak kedua, permainan berjalan lebih sengit. Mainz yang memutuskan keluar menyerang membuat Dortmund kini tak bisa bergerak bebas lagi. Dua peluang dikemas Mainz lewat Mateta di menit 49 dan Jean-Paul Boetius di menit 54. Di antara dua peluang itu, Dortmund juga nyaris mencetak gol ketiga ketika tembakan Marco Reus bisa ditepis Muller.

Menit 63, untuk kali kedua Onisiwo harus mendapati bola sepakannya membentur tiang gawang. Kali ini lahir dari umpan Robin Quaison dan Onisiwo sebenarnya hanya tinggal berhadapan dengan Burki. Niat hati mengarahkan bola ke tiang jauh, tetap saja tidak berbuah gol karena bola mengenai tiang dan kembali ke pelukan Burki.

Segala perjuangan keras Mainz akhirnya terbayar di menit 83. Kemelut di depan gawang Dortmund diakhiri dengan sontekan Quaison untuk mengubah skor menjadi 2-1. Ketegangan pun otomatis muncul di kubu Dortmund karena satu gol lagi dari Mainz berarti petaka bagi mereka.

Dan dalam kondisi seperti itu, Dortmund bergantung pada ketangguhan Burki yang tetap fokus mengawal gawangnya. Menit 87, Mainz mendapatkan tiga peluang beruntun di depan gawang dan semua bisa ditangkis oleh Burki. Sampai akhir laga Dortmund bisa mengamankan skor dan untuk sementara boleh menempati posisi teratas di klasemen.



Pencetak Gol: Jadon Sancho 17’, 24’ (Dortmund)/ Robin Quaison 83’ (Mainz)

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf (Dan Axel Zagadou 78’), Julian Weigl, Manuel Akanji, Abdou Diallo; Axel Witsel, Thomas Delaney; Jacob Bruun Larsen (Maximilian Philipp 72’), Jadon Sancho, Marco Reus; Mario Gotze (Omer Toprak 89’)

Mainz: Florian Muller; Giulio Donati, Alexander Hack, Moussa Niakhate, Aaron Martin; Pierre Kunde (Ridle Baku 46’), Danny Latza (Anthony Ujah 82’), Jean-Philippe Gbamin; Jean-Paul Boetius; Karim Onisiwo, Jean-Philippe Mateta (Robin Quaison 55’)


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal