Hasil dan Klasemen Terbaru Piala Presiden: Persebaya Juara Grup C

Oleh: Addi M Idhom - 28 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Persebaya mengoleksi 7 poin dan menjadi jawara Grup C Piala Presiden 2018 sekaligus lolos babak 8 besar.
tirto.id - Persebaya Surabaya memastikan diri lolos ke babak delapan besar Piala Presiden usai menaklukkan Madura United dengan skor 1-0 pada laga Grup C Piala Presiden 2018, pada Minggu sore (28/1/2018) di Stadion Gelora Bung Tomo.

Satu Gol kemenangan Bajul Ijo dicetak oleh Ferinando Pahabol pada menit-menit jelang water break Babak Pertama. Gawang Satria Tama bobol pada menit ke-30.

Gol ini layak menerima pujian karena lahir dari ruang tembak sempit dan dieksekusi dengan skill tinggi. Pahabol semula menusuk dari sayap kiri. Di luar prediksi, Pahabol melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kirinya. Satria Tama yang tak menduga situasi tersebut dan terlambat bereaksi. Bola meluncur deras ke sisi jauh dan merobek jala gawang Madura United.

Kedua tim terus saling menyerang sampai laga berakhir, tapi kedudukan tak berubah. Madura United sempat memasukkan dua striker andalannya, Greg Nwokolo dan Christian Gonzales di awal babak kedua. Namun, serangan Madura bisa teredam oleh pertahanan disiplin dari Persebaya. Hingga laga usai, skor tetap 1-0.

Pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, mengakui Persebaya bermain lebih bagus, sehingga layak menjadi pemenang di laga Derby Suramadu tersebut.

"Madura United memiliki banyak materi pemain berpengalaman. Sebaliknya, pemain Persebaya kecil-kecil, tetapi lincah. Mereka bermain lebih prima dengan mobilitas yang baik. Pemain Persebaya juga disiplin dalam menjaga pergerakan kami," kata Gomes usai pertandingan ini seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Sementara itu, pada pertandingan lainnya, PS TNI berhasil menundukkan Perseru Serui. Di luar dugaan, meski kedua tim dipastikan tak lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2018, laga ini ternyata lebih produktif dengan menghasilkan 6 gol.

Perseru Serui lebih dulu unggul melalui gol dari tendangan bebas Silvio Escobar pada menit ke-2. Pada menit 9, Manahati Lestusen berhasil mengeksekusi tendangan penalti itu untuk menyamakan skor. Lalu, pada menit 14, tendangan Ahmad Nufiandani membawa PS TNI unggul dengan skor 1-2.

Saat memasuki babak kedua, pada menit 53, Ahmad Nufiandani mencetak golnya yang kedua dan memperbesar keunggulan timnya menjadi 1-3. Namun, Silvio Escobar membalas pada menit 66 dan mengubah Skor menjadi 2-3.

PS TNI terus menekan Perseru Serui dan Gol pun muncul kembali pada menit 78 yang dicetak oleh Elio Bruno Martins. Hingga akhir pertandingan, Skor laga Peseru Serui vs PS TNI adalah 2-4.

Hasil pertandingan hari ini membuat Persebaya otomatis lolos babak delapan besar. Persebaya juga memimpin Grup C dengan mengoleksi 7 poin hasil 2 kali menang dan sekali seri. Bajul Ijo hanya kebobolan 1 kali dan memproduksi 4 gol.

Sementara Madura United menghuni posisi kedua dengan 6 poin hasil 2 kali menang dan sekali kalah. Madura paling produktif di Grup C dengan produksi 8 gol dan kebobolan 2 kali saja. Madura United juga lolos babak delapan besar malalui jalur tiga runner-up terbaik.

Posisi buncit di Grup C dihuni oleh PS TNI dan Perseru Serui. PS TNI dengan poin 4 menduduki posisi ketiga dan Perseru Serui terbenam pada peringkat juru kunci dengan torehan poin nol.

Berikut klasemen terbaru Grup C Piala Presiden pada Minggu (28/1/2018):

Grup C

POSISI KLUB MAIN MENANG SERI KALAH CETAK GOL KEMASUKAN SELISIH GOL POIN
1 PERSEBAYA SURABAYA 3 2 1 0 4 1 3 7
2 MADURA UNITED 3 2 0 1 8 2 6 6
3 PS TNI 3 1 1 1 6 6 0 4
4 PERSERU SERUI 3 0 0 3 2 11 -9 0

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight