Piala Community Shield 2020

Hasil Community Shield 2020 Arsenal vs Liverpool: The Gunners Juara

Oleh: Fitra Firdaus - 30 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Community Shield 2020 Arsenal vs Liverpool: The Gunners juara lewat adu penalti 5-4. Piere Emerick Aubameyang jadi kunci.
tirto.id - Hasil Community Shield 2020 antara Arsenal vs Liverpool berakhir dengan skor 1-1 (5-4 adu penalti). Pierre Emerick Aubameyang menjadi kunci kemenangan The Gunners di Stadion Wembley pada Minggu (30/8/2020) dini hari. Ini adalah gelar FA Community Shield ke-16 Meriam London.

Arsenal yang berstatus pemenang FA Cup musim lalu, tampil dengan formasi 3-4-3 menghadapi juara bertahan Liga Inggris, Liverpool. Jika melihat komposisi pemain, meski sama-sama memakai pemain muda, The Reds tampak cukup serius, terutama dengan trio MSF (Mane, Salah, dan Firmino) di lini depan.

Berdasarkan statistik Whoscored, Liverpool lebih dominan dalam penguasaan bola dibandingkan Arsenal (59,7 persen berbanding 40,3 persen). Urusan jumlah tembakan, The Reds unggul dengan 15 percobaan (4 tepat sasaran), sedang The Gunners 8 tembakan (2 tepat sasaran).

Arsenal hanya butuh waktu 12 menit untuk mencetak gol ke gawang Alisson. Aubameyang mengirim tembakan lengkung yang tidak bisa dibalas Liverpool hingga paruh pertama usai. The Reds sendiri tampak tidak solid, Georginio Wijnaldum dan Fabinho terlalu mudah kehilangan bola di lini tengah.

Selain itu, pasukan Jurgen Klopp menghamburkan peluang. Tandukan James Milner terlalu tinggi, sedangkan Firmino sebenarnya mencetak gol, tetapi dianulir karena offside.



Liverpool membaik pada babak kedua. Takumi Minamino yang masuk pada menit ke-50, menjadi pemain terbaik mereka berdasarkan rating Whoscored (7,7). Sang pemain Jepang pula yang menyamakan kedudukan ketika laga tersisa 17 menit.

Skor imbang 1-1 membuat laga harus diakhiri dengan adu penalti. Di sinilah Arsenal berhasil unggul dari Liverpool. Seluruh eksekutor The Gunners menjalankan tugas dengan baik, termasuk Aubameyang sang penendang terakhir.

Sebaliknya, dari 5 algojo Liverpool, kesialan menimpa Rhian Brewster yang menggantikan Wijnaldum pada menit penghabisan babak kedua. Tendangannya hanya mengenai mistar gawang Emiliano Martinez.

Ini kemenangan penting bagi Arsenal untuk memulai musim kompetisi yang padat. Mikel Arteta, yang mendapatkan trofi keduanya bersama Meriam London menuturkan, "Saya berterima kasih atas perfoma anak-anak, keberanian tim, betapa agresifnya kami tanpa bola dan menghadapi tekanan Liverpool."

Bagi Arsenal, ini adalah trofi Community Shield ke-16 sepanjang sejarah mereka. The Gunners kini hanya ada di bawah Manchester United (21 gelar) soal trofi pembuka musim ini.

Sebaliknya bagi Liverpool, ini adalah kekalahan kedua mereka secara beruntun di Community Shield. Musim lalu, mereka tumbang oleh Manchester City, juga melalui drama adu penalti. Terakhir kali The Reds juara Community Shield adalah pada 2006.




Arsenal: Emiliano Martínez; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney (Sead Kolasinac 82); Hector Bellerín (Cedric Soares 58), Mohamed Elneny,Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles; Bukayo Saka (Joseph Willock 82), Eddie Nketiah (Reiss Nelson 82), Pierre Aubameyang.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Neco Williams (Takumi Minamino 59), Joe Gómez, Virgil Van Dijk, Andy Robertson; James Milner (Naby Keita 59), Fabinho, Georginio Wijnaldum (Rhian Brewster 92+); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Curtis Jones 82), Sadioo Mane.

Pencetak Gol: Pierre Emerick Aubameyang 12' (Arsenal) Takumi Minamino 73' (Liverpool)

Adu Penalti

Liverpool:
Salah (masuk), Fabinho (masuk), Brewster (gagal), Minamino (Masuk), Jones (masuk)

Arsenal:
Reiss Nelson (masuk), Maitland-Niles (masuk), Cedric (masuk), David Luiz (masuk), Aubameyang (masuk)

Baca juga artikel terkait HASIL COMMUNITY SHIELD ARSENAL VS LIVERPOOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight