Hasil China Open 2018, Kalahkan Lin Dan, Ginting ke Babak Dua

Oleh: Ibnu Azis - 18 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ginting melaju ke 16 besar China Open 2018 setelah menghentikan perlawanan tunggal putra sarat pengalaman Cina, Lin Dan.
tirto.id - Anthony Sinisuka Ginting meraih hasil positif di China Open 2018 setelah lolos ke 16 besar, Selasa (18/9/2018). Tunggal putra andalan Indonesia ini mengalahkan unggulan tuan rumah, Lin Dan di babak satu.

Berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, Ginting menghentikan perjalanan Lin Dan di kejuaraan ini setelah bertarung dalam 53 menit. Namun, Ginting melakoninya dengan tak mudah.

Di set pertama, tunggal putra Indonesia tertinggal 8-11 saat interval, namun mengejar 14-16 setelah jumping smes menyilang andalannya gagal dikembalikan Lin Dan. Berikutnya, Ginting mampu menyamakan angka 20-20 setelah pengembalian Lin Dan membentur net.

Kedua pasangan saling berganti memimpin hingga poin menunjukkan 22-22. Pertarungan di set pertama akhirnya diakhiri untuk keunggulan Lin Dan dalam 21 menit setelah Ginting melakukan dua kesalahan beruntun.

Di set kedua, Ginting langsung menekan dan unggul cepat 7-0 dan 11-1 saat interval. Angka Ginting terus melesat sementara Lin Dan hanya mampu menambah tiga poin. Angka kembali bertambah 19-4 setelah permainan net Lin Dan gagal. Ginting akhirnya memaksa rubber usai pengembalian Lin Dan keluar lapangan dengan kedudukan 21-5.

Di gim penentuan, Ginting kembali unggul 11-9 saat interval dan sempat memimpin jauh 17-11. Namun, perlahan tapi pasti, Lin Dan berhasil mengejar angka demi angka dan berbalik unggul 18-19.

Game point 20-19 untuk Ginting terjadi saat pengembalian Lin Dan melebar. Kesalahan serupa dilakukan tunggal putra Cina itu sekaligus mengakhiri set ini 21-19 untuk kemenangan Ginting.

Di babak dua nanti, Ginting berpotensi menghadapi unggulan pertama Viktor Axelsen, asalkan tunggal putra Denmark ini mampu melewati hadangan Khosit Phetpradab (Thailand). Laga mereka dijadwalkan berlangsung pada pukul 17.00 WIB.

Adapun China Open 2018 yang digelar pada 18-23 September menyandang level BWF Super 1000. Kejuaraan bulu tangkis bergengsi ini berhadiah total satu juta dolar Amerika Serikat atau nyaris Rp15 miliar.

Di edisi 2017, Indonesia meraih satu gelar di ganda putra dari pasangan Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, sama dengan Jepang di nomor tunggal putri dari Akane Yamaguchi.

Tuan rumah Cina keluar sebagai juara umum setelah mengemas tiga gelar, yakni tunggal putra (Chen Long), ganda putri (Chen Qinchen/Jia Yifan), dan ganda campuran (Zheng Siwei/Huang Yaqiong).


Baca juga artikel terkait CHINA OPEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis