Liga Eropa 2019

Hasil Chelsea vs Dynamo Kiev Skor 3-0: Menang Besar di Leg Pertama

Oleh: Fitra Firdaus - 8 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 3-0 menjadi hasil Chelsea vs Dynamo Kiev di leg pertama 16 besar Liga Eropa pada Jumat (8/3/2019) berkat gol Pedro, Willian, dan Callum Hudson Odoi.
tirto.id - Chelsea berhasil menaklukkan tamu mereka asal Ukraina Dynamo Kiev dengan skor telak 3-0 di leg pertama 16 besar Liga Eropa 2018/2019. Tampil di Stamford Bridge pada Jumat (8/3/2019), gol kemenangan tuan rumah dikemas Pedro, Willian, dan Callum Hudson Odoi.

Chelsea melanjutkan tren positif kebangkitan bersama Maurizio Sarri. Dengan menumbangkan Kiev, berarti klub London tersebut meraih kemenangan ketiga beruntun. Sebelumnya, The Blues mengalahkan Tottenham 2-0 dan Fulham 1-2 di Liga Inggris.

Sarri memakai formasi 4-3-3 dalam laga ini, dengan mengandalkan Olivier Giroud di depan, ditemani Willian dan Pedro. Sementara itu, Gonzalo Higuain dan Eden Hazard bahkan tidak tampil satu menit saja. N'Golo Kante dimainkan, tetapi mulai menit ke-62 menggantikan Jorginho.

Dengan skuat campuran pemain inti dan cadangan, Chelsea tidak membutuhkan waktu lama untuk mencetak gol. Menit ke-17, Pedro menusuk dari sisi kiri. Ia memainkan umpan satu-dua dengan Giroud, sebelum melepaskan tembakan di antara dua kaki kiper tim tamu, Denis Boyko.

Dominasi Chelsea terhadap Kiev berlanjut. Pedro bahkan semestinya bisa menambah gol. Menerima umpan silang Davide Zappacosta, ia tak bisa menaklukkan Boyko dengan tembakan lurus kepada sang kiper dari jarak enam yard.

Chelsea membawa keunggulan tipis 1-0 ke babak kedua, setelah tiga peluang mereka terhambur. Tembakan Ross Barkley dihadang Boyko, sementara dua percobaan lain Pedro mentah.



Namun, menit ke-65, Chelsea bisa bernapas lega. Tendangan bebas Willian masuk telak ke gawang Dynamo Kiev. Pelatih lawan, Aleksandr Khatskevych, berbenah dengan memasukkan Denis Garmash dan Sidcley, tetapi skor justru semakin besar.

Callum Hudson Odoi yang masuk menggantikan Willian pada menit ke-78, mencetak gol ketiga Chelsea pada ujung pertandingan. Ia menerima umpan dari sesama pemain pengganti, Ruben Loftus Cheek. Skor telak 3-0 menjadi modal penting bagi The Blues sebelum leg kedua.

Berdasarkan statistik Whoscored, Chelsea unggul segalanya dari Dynamo Kiev. Penguasaan bola dimenangi tuan rumah dengan 60,2 persen berbanding 39,8 persen.

Sementara itu, klub London juga mampu melepaskan total 12 tembakan, 8 di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Kiev tidak bisa membuat Kepa Arrizabalaga sibuk, karena dari 4 percobaan tim tamu, tak ada satu saja yang mengancam gawang.

Pencetak Gol: Pedro 17, Willian 65, Callum Hudson Odoi 90

Chelsea: Kepa Arrizabalaga, Davide Zappacosta, David Luiz, Andreas Christensen, Marcos Alonso, Ross Barkley (Ruben Loftus-Cheek 62), Jorginho (N'Golo Kante 62), Mateo Kovacic, Willian (Callum Hudson-Odoi 78), Olivier Giroud, Pedro

cadangan: Willy Caballero, Antonio Rudiger, Gonzalo Higuain, Eden Hazard

Dynamo Kiev: Denis Boyko, Tomasz Kedziora, Mykyta Burda, Artem Shabanov, Vitalii Mykolenko, Sergey Sydorchuk, Volodymyr Shepelev, Viktor Tsygankov, Mykola Shaparenko, Vitaly Buyalsky (Sidcley 71), Nazariy Rusyn (Denis Harmash 66)

cadangan: Georgiy Bushchan, Oleksandr Andrievsky, Heorhii Tsitaishvili, Tamas Kadar, Yevhen Smirniy

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight