Copa America 2019

Hasil Brasil vs Peru: Selecao Kampiun Copa America 2019

Oleh: Gilang Ramadhan - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 3-1 menjadi hasil Brasil vs Peru dalam pertandingan final Copa America 2019 yang berlangsung di Stadion Maracana pada Senin (8/7/2019).
tirto.id - Hasil Brasil vs Peru dalam pertandingan final Copa America 2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-1. Bertanding di Stadion Maracana pada Senin (8/7/2019) dini hari waktu Indonesia, Selecao keluar sebagai kampiun Copa America 2019 kendati bermain dengan 10 pemain sejak menit 70.

Ini merupakan gelar Copa America kesembilan bagi Brasil. Sedangkan ini menjadi kekalahan pertama Peru dalam tiga kesempatan final Copa America (1939, 1975, 2019).

Peluang pertama Brasil pada menit 15 langsung berbuah gol. Umpan tarik lambung Gabriel Jesus dari sayap kanan berhasil disambar Everton yang berdiri bebas di depan gawang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Brasil.

Peru menyamakan kedudukan pada menit 44 setelah mendapat hadiah penalti. Paolo Guerrero yang maju menjadi eksekutor sukses menaklukkan Alisson. Skor berubah menjadi 1-1.

Skor imbang tersebut tidak bertahan lama. Brasil berhasil kembali mencetak gol pada menit 45+2 melalui sontekan Gabriel Jesus setelah menerima umpan terobosan dari Arthur. Skor 2-1 untuk Brasil bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Brasil mencoba menguasai pertandingan sejak sepak mula. Pada menit 51, Philippe Coutinho hampir memperlebar keunggulan Brasil. Namun sepakannya dari dalam kotak penalti meneruskan umpan Gabriel Jesus hanya melebar dari sasaran.



Tiga menit setelahnya, giliran Roberto Firmino yang menebar ancaman. Sukses merebut bola dari pemain belakang Peru, Firmino sukses lepas dari kawalan dan melepaskan tendangan mendatar. Akan tetapi bola masih melenceng dari gawang.

Pada menit 70, Brasil harus bermain dengan 10 pemain setelah Gabriel Jesus mendapatkan kartu kuning keduanya. Jesus melakukan sikutan kepada Carlos Zambrano.

Peru hampir mendapat gol penyama kedudukan pada menit 73. Berawal dari sepak pojok Christian Cueva yang gagal dibuang bek Brasil dengan sempurna, bola liar menemui kaki Edison Flores. Sepakan keras Flores dari luar kotak penalti masih melebar tipis ke sisi kiri gawang Alisson.

Brasil mendapat hadiah penalti pada menit 87 setelah Everton dijatuhkan Carlos Zambrano. Richarlison yang maju menjadi eksekutor berhasil menceploskan bola ke sisi kiri bawah gawang.

Skor 3-1 untuk kemenangan Brasil bertahan hingga laga bubar. Brasil memiliki 10 peluang, 3 di antaranya mengarah ke gawang dari total 54% penguasaan bola. Sementara Peru mencetak 2 shots on target dari total 6 percobaan mencetak gol.

Susunan Pemain

BRASIL (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho (Eder Militao 77'), Everton (Allan 90+3); Roberto Firmino (Richarlison 75'). | Pelatih: Tite.

PERU (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia (Christofer Gonzalez 82'), Yoshimar Yotun (Raul Ruidaz 78'); Andre Carrillo (Andy Polo 86'), Christian Cueva, Edison Flores; Paolo Guerrero. | Pelatih: Ricardo Gareca.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Gilang Ramadhan
DarkLight