Copa America 2019

Hasil Brasil vs Peru di Babak Pertama: Gabriel Bawa Unggul Selecao

Oleh: Gilang Ramadhan - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 di babak pertama menjadi hasil Brasil vs Peru dalam pertandingan final Copa America 2019 yang berlangsung di Stadion Maracana pada Senin (8/7/2019).
tirto.id - Hasil Brasil vs Peru dalam pertandingan final Copa America 2019 berkesudahan dengan skor 2-1 di babak pertama. Bertanding di Stadion Maracana pada Senin (8/7/2019) dini hari waktu Indonesia, Brasil unggul berkat gol dari Everton dan Gabriel Jesus. Peru sempat menyamakan lewat penalti Paolo Guerrero.

Kedua kesebelasan tidak melakukan pergantian susunan pemain inti sejak laga semifinal. Brasil masih diperkuat Firmino, Gabriel Jesus, Philippe Coutinho dan Everton di lini serang. Sementara Peru mengandalkan Andre Carrillo, Cueva, Guerrero dan Edison Flores.

Pertandingan baru berjalan dua menit, Peru sudah mendapatkan peluang pertama. Melalui situasi tendangan bebas di depan kotak penalti, Christian Cueva melancarkan sepakan langsung yang masih melenceng tipis ke sis kiri gawang Alisson.

Sepanjang 13 menit pertama, Peru tampil lebih tenang dan mendominasi jalannya pertandingan. Mereka mencetak dua peluang, sementara Brasil masih kesulitan menembus pertahanan Peru.

Brasil akhirnya mencetak peluang pertamanya yang langsung berbuah gol pada menit 15. Umpan tarik lambung Gabriel Jesus dari sayap kanan berhasil disambar Everton yang berdiri bebas di depan gawang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Brasil.



Sepuluh menit kemudian Brasil hampir menggandakan keunggulan. Kali ini Everton menjadi kreator dengan mengirim umpan tarik kepada Philippe Coutinho, tetapi tendangan Coutinho dari jarak yang cukup dekat itu masih melenceng tipis ke sisi kiri gawang.

Percaya diri setelah gol pertama, Brasil terus mencoba menggempur pertahanan Peru. Pada menit 36, Alex Sandro mengirim umpan silang panjang ke dalam kotak penalti. Roberto Firmino berhasil meneruskannya dengan tandukan, tetapi bola hanya melambung di atas mistar.

Pada menit 41, Peru mendapat hadiah penalti setelah Thiago Silva menahan bola umpan Paolo Guerrero dengan tangan. Paolo Guerrero yang maju menjadi eksekutor sukses menaklukkan Alisson. Skor berubah menjadi 1-1.

Namun skor imbang tersebut tidak bertahan lama. Brasil berhasil kembali mencetak gol pada menit 45+2 melalui sontekan Gabriel Jesus setelah menerima umpan terobosan dari Arthur. Bola diarahkan Jesus ke sisi kanan bawah gawang tanpa mampu dibendung Pedro Gallese.

Skor 2-1 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga jeda. Brasil memiliki 62% penguasaan bola dan 4 peluang, sedangkan Peru memiliki jumlah peluang sama tetapi hanya 1 yang mengarah tepat ke gawang.

Susunan Pemain

BRASIL (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino. | Pelatih: Tite.

PERU (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Andre Carrillo, Christian Cueva, Edison Flores; Paolo Guerrero. | Pelatih: Ricardo Gareca.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Gilang Ramadhan
DarkLight