Bundesliga Jerman

Hasil Borussia Dortmund vs Stuttgart: Menang tapi Digusur Munchen

Oleh: Wan Faizal - 9 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Borussia Dortmund vs Stuttgart dalam lanjutan Bundesliga Jerman menunjukkan skor akhir 3-1. Namun, BVB tergusur dari puncak klasemen lantaran Bayern Munchen berpesta gol.
tirto.id - Skor 3-1 menjadi akhir dari pertandingan Borussia Dortmund vs Stuttgart dalam lanjutan Bundesliga atau Liga Jerman yang digelar di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (09/03/2019). Sayangnya, kemenangan ini tak cukup bagi Dortmund untuk mempertahankan puncak klasemen, tergusur oleh Bayern Munchen yang berpesta gol di saat yang sama.

Mengusung misi wajib menang, Lucien Favre selaku pelatih Dortmund memainkan pola yang sangat ofensif melawan Stuttgart ini. Favre hanya menempatkan Axel Witsel sebagai gelandang bertahan dan dua nama lain diisi Marco Reus dan Mario Gotze yang lebih bernaluri menyerang.

Sedangkan Stuttgart berusaha mempertahankan komposisi terbaik mereka seperti saat menang kontra Hannover pekan lalu. Ozan Kabak yang menjadi bintang kemenangan dalam laga tersebut masih dipercaya tampil bersama Benjamin Pavard serta Marc Kempf untuk mengawal lini pertahanan.

Dari jalannya laga, Dortmund langsung berusaha menguasai pertandingan sejak menit awal. Sebuah peluang didapat Paco Alcacer di menit ketiga namun bisa dihadang barikade pertahanan Stuttgart. Tim tamu yang juga butuh poin guna menghindar dari zona merah tidak mau kalah dengan memiliki peluang lewat tembakan Steven Zuber.

Duel berjalan menarik, kedua tim silih berganti melakukan serangan berbahaya. Gotze membuang peluang bagus di menit 29 saat tembakannya melebar dari gawang Ron-Robert Zieler.

Dua menit berikutnya, giliran Nicolas Gonzalez yang juga tidak bisa memaksimalkan peluang yang didapat. Hingga babak pertama selesai, skor masih tanpa gol.

Kebutuhan untuk memenangi pertandingan membuat kedua tim meningkatkan tempo di babak kedua, terutama bagi Borussia Dortmund yang tidak ingin takhtanya direbut Bayern Munchen.

VAR pada akhirnya memberikan jalan bagi Dortmund untuk unggul. Pelanggaran Gonzalo Castro pada Jadon Sancho di kotak penalti Stuttgart membuat wasit menunjuk titik putih setelah melihat tayangan ulang. Eksekusi penalti diambil sang kapten Reus dan sukses membuat skor menjadi 1-0.



Laga semakin seru setelah gol tersebut. Alcacer mendapatkan peluang bagus melalui tembakannya di menit 69, namun ada penyelamatan tak kalah apik dari Zieler.

Signal Iduna Park lantas mendadak terdiam ketika Marc Kempf sukses menyamakan skor bagi Stuttgart menyusul tandukan mautnya ketika menerima umpan tendangan bebas dari Gonzalo Castro.

Tekanan hebat pun langsung dirasakan Dortmund. Suporter BVB pun kian bersemangat mendukung timnya. Akhirnya, tuan rumah unggul lagi pada menit 84 melalui sepakan kaki kiri Alcacer.

Christian Pulisic hadir dengan gol ketiga bagi Dortmund pada menit 92 untuk memastikan kemenangan Borussia Dortmund atas Stuttgart dengan skor akhir 3-1.
______________________________

Pencetak Gol: Reus 62’-pen, Alcacer 84’, Pulisic 92’ / Kempf 71’

Susunan Pemain

Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf (Dan Axel Zagadou 88’), Manuel Akanji, Abdou Diallo, Achraf Hakimi; Axel Witsel; Marco Reus, Mario Gotze; Raphael Guerreiro (Christian Pulisic 79’), Jadon Sancho, Paco Alcacer (Thomas Delaney 91’)

Stuttgart: Ron-Robert Zieler; Ozan Kabak, Benjamin Pavard, Marc Kempf; Andreas Beck, Emiliano Insua (Mario Gomez 88’), Gonzalo Castro, Santiago Ascacibar, Steven Zuber (Anastasios Donis 70’); Alexander Esswein, Nicolas Gonzalez (Christian Gentner 74’)

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight