Copa America 2019

Hasil Bolivia vs Venezuela 1-3, La Vinotinto Lolos ke 8 Besar

Oleh: Fitra Firdaus - 23 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Bolivia vs Venezuela yang berakhir dengan skor 1-3 membuat La Vinotinto lolos ke 8 besar Copa America 2019.
tirto.id - Hasil Copa America 2019 antara Bolivia vs Venezuela pada Minggu (23/6/2019) berakhir dengan skor 1-3. Brace Darwin Machis ditambah satu gol Josef Martinez di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte memastikan La Vinotinto lolos ke babak 8 besar dengan status runner-up Grup A di bawah Brasil.

Venezuela benar-benar memanfaatkan situasi untuk naik di klasemen Copa America 2019 Grup A. Sempat hanya ada di peringkat ketiga hingga matchday kedua, tim asuhan Rafael Dudamel menang di pertandingan terakhir untuk total mengoleksi lima poin.

Dengan demikian, jumlah angka Venezuela hanya kalah dari Brasil yang sukses memukul Peru. Brasil memiliki tujuh angka. Sebaliknya, Peru turun ke peringkat ketiga dalam kondisi yang buruk, karena memiliki selisih gol minus tiga angka.

Belum juga laga kontra Bolivia memasuki menit kedua, Venezuela sudah memimpin. Bergerak di sisi kanan, Ronald Hernandez melepaskan umpan silang mematikan. Darwin Machis ada di posisi yang tepat untuk menanduk bola masuk gawang Bolivia.

Venezuela yang belum pernah terbobol sekali saja di Copa America 2019 menunjukkan kekuatan mereka di lini belakang. Sebaliknya, Bolivia kurang menggigit untuk tim yang sedang tertinggal. Upaya perbaikan dilakukan dengan masuknya Raul Castro menggantikan Leonardo Vaca pada menit ke-34.

Alih-alih mencetak gol, Bolivia justru kembali terbobol oleh gol cepat di babak kedua. Menit 55, Darwin Machis menjadi teror untuk lini belakang lawan. Bermula dari serangan balik, Machis melewati dua pemain lawan dan mengirim tembakan lengkung yang tak bisa dihentikan kiper Bolivia, Carlos Lampe.

Dalam perayaan golnya, Machis menampilkan nama rekannya Arquimedes Figuera yang tengah cedera. Bolivia yang dalam kondisi genting kemudian mencoba membalas, dari serangan Marcelo Moreno Martins pada menit ke-63. Namun, kesigapan Luis Del Pino Mago, bek Venezuela membuat peluang berikutnya percuma.

Dengan penguasan bola yang lebih banyak, menit ke-83 Bolivia sukses memperkecil kekalahan. Hanya berselang dua menit setelah Jhon Chancellor membuang peluang dengan aksinya yang hanya mengenai mistar, Bolivia mencetak gol.

Leonel Justiniano mengirim tembakan dari luar kotak penalti yang meluncur datar masuk gawang Wuiker Farinez. Namun, seketika itu Bolivia punya peluang, Venezuela langsung membuyarkan harapan mereka. Ada gol pemain pengganti Josef Martinez yang mengunci kemenangan La Vinotinto ketika laga bersisa empat menit.

Skor akhir 1-3, Venezuela lolos ke 8 besar Copa America 2019 sebagai runner-up Grup A.




Pencetak Gol: Leonel Justiniano 82/ Darwin Machis 2 dan 55, Josef Martinez 86

BOLIVIA (4-2-3-1):
Carlos Lampe; Diego Bejarano, Luis Haquin, Adrian Jusino, Marvin Bejarano (Roberto Fernandez 72); Fernando Saucedo, Leonel Justiniano; Cristian Arano, Ramiro Vaca, Leonardo Vaca (Raul Castro 34); Marcelo Moreno Martins (Gilbert Alvarez 78).

cadangan: Saul Torres, Erwin Saavedra, Diego Wayar, Alejandro Chumacero, Javier Rojas, Jose Carrasco, Mario Cuellar, Ruben Cordano, Samuel Galindo.

VENEZUELA (4-1-4-1): Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Ronald Hernandez, Jhon Chancellor, Luis Del Pino Mago; Junior Moreno; Jefferson Savarino, Juan Pablo Anor (Yeferson Soteldo 59), Tomas Rincon, Darwin Machis (Josef Martinez 73); Salomon Rondon (Jhon Murillo 85).

cadangan: Luis Seijas, Fernando Aristeguieta, Yangel Herrera, Rafael Romo, Joel Graterol, Yordan Osorio, Rolf Feltscher.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight