Piala Indonesia

Hasil Bhayangkara FC vs PSM: Skor 4-2, Tuan Rumah Jaga Peluang

Oleh: Hendi Abdurahman - 27 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 4-2 menjadi hasil Bhayangkara FC vs PSM di Piala Indonesia leg pertama yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).
tirto.id - Pertandingan Bhayangkara FC vs PSM di Piala Indonesia leg pertama yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (27/4/2019) berakhir dengan skor 4-2. Gol tuan rumah yang ditorehkan Nur Iskandar, Dendy Sulistyawan, Vendry Mofu dan Herman Dzumafo hanya mampu dibalas oleh Wiljan Pluim dan Zulham Zamrum.

Dengan hasil ini, kendati Bhayangkara FC kalah dengan selisih satu gol di leg kedua yang akan dihelat di kandang PSM, mereka akan tetap melaju. Sementara bagi Juku Eja, mereka mesti menang minimal dengan keunggulan dua gol tanpa kebobolan untuk melaju ke babak semifinal.

Tuan rumah unggul saat pertandingan babak pertama berlangsung sebelas menit. Diawali oleh sepakan Dendy Sulistyawan di sisi kiri pertahanan PSM yang dapat ditepis kiper Rivky Mokodompit, bola rebound mengarah pada Nur Iskandar, dengan tendangan keras mendatar Nur sukses merobek jala gawang Rivky, skor 1-0.

Lima menit kemudian, anak asuh Angel Alfredo Vera berhasil menggandakan keunggulan. Lewat serangan balik yang cukup cepat di sisi kanan, Dendy Sulistyawan mengecoh salah satu bek PSM untuk kemudian melakukan tendangan keras ke pojok kanan atas. Skor 2-0.

Dendy Sulistyawan menjadi sosok yang cukup merepotkan lini pertahanan Juku Eja. Pada menit 37, Bhayangkara FC memiliki peluang untuk memperlebar keunggulan usai Dendy dilanggar Munhar di kotak terlarang. Sayang, eksekusi Anderson Salles dapat ditebak Rivky Mokodompit sehingga skor tidak berubah.

Enam menit jelang berakhirnya paruh pertama, tim tamu mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol yang dicetak Wiljan Pluim. Dengan sekali sentuhan, Pluim berhasil mengkonversi umpan sundulan rekannya dengan penyelesaian akhir yang sempurna. Skor berubah 2-1 sekaligus menutup laga babak pertama.


Babak kedua berjalan 54 menit, giliran Alsan Sanda yang menebar ancaman. Berlari cepat dari lini kedua, Alsan tinggal berhadapan dengan Rivky Mokodompit. Namun, finishing pemain berusia 26 tahun tersebut hanya membentur mistar.

PSM mulai keluar dari tekanan tuan rumah. Pada menit 64, Zulham Zamrun berhasil menyamakan kedudukan usai menemrima umpan sundulan Eero Markkanen di kotak penalti. Bola yang diarahkan ke sudut kiri gawang gagal dibendung Awan Setho. Skor 2-2.

Kedua tim bermain terbuka. Dua menit setelah gol Zulham Zamrun, Bhayangkara FC kembali unggul melalui gol yang dilesakkan Vendry Mofu. Gol tersebut menjadi yang keempat baginya di ajang Piala Indonesia. Skor pun kembali berubah menjadi 3-2.

Di penghujung laga, lewat skema serangan balik cepat, Bhayangkara FC memaksimalkan kelemahan transisi PSM yang tidak berjalan baik. Hasilnya, Herman Dzumafo yang masuk di pertengahan babak kedua berhasil membukukan gol usai menerima umpan di sisi kanan. Skor pun berubah menjadi 4-2 sekaligus menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Bhayangkara FC: Awan Setho; I Putu Gede; Anderson Salles; Indra Kahfi; Fatchurohman; M. Alsan Sanda; Hargianto; Reksa Maulana; Dendy Sulistyawan; Vendry Mofu; Nur Iskandar.

Cadangan: Wahyu Tri; Nurhidayat; Sani Rizki; I Made Wirahadi; Ilham Udin; Herman Dzumafo.

PSM: Rivki Mokodompit; Benny Wahyudi; Abdul Rahman; Munhar; Taaufik Hidayat; Marc Klok; Rizky Pellu; Wiljan Pluim; M. Rahmat; Zulham Zamrun; Eero Markkanen.

Cadangan: Hilman Syah; Aaron Evans; Hasim Kipuw; M. Arfan; Asnawi Mangkualam; Bayu Gatra; Guy Junior.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus