Hasil Belgia vs Inggris di Piala Dunia 2018 Skor Akhir 2-0

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan perebutan posisi ketiga Piala Dunia 2018 antara Belgia vs Inggris di Saint Petersburg Stadium, Sabtu (14/7/2018) berakhir dengan skor 2-0.
tirto.id - Pertandingan Belgia vs Inggris dalam perebutan posisi ketiga Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg Stadium, Minggu (14/7/2018) malam waktu Indonesia berakhir dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Red Devils dicetak Thomas Meunier dan Eden Hazard.

Baru lima menit laga berlangsung, Belgia langsung memimpin. Umpan silang kiriman Nacer Chadli dari sayap kiri dituntaskan dengan baik oleh Thomas Meunier yang berdiri di kotak penalti. Pemain Paris Saint-Germain itu mendorong bola dengan kakinya. Si kulit bundar berbelok, mengarah ke tiang jauh dan tak kuasa dibendung Jordan Pickford. Skor 1-0.

Enam menit berselang lagi-lagi Belgia mendulang peluang. Kesalahan bek Inggris dalam menyapu umpan menyusur tanah Romelu Lukaku membuat bola justru jatuh ke kaki Kevin De Bruyne yang lepas dari perangkap offside di sektor kanan kotak penalti. De Bruyne lantas melepaskan tendangan ke sisi dekat, namun bola sempat membentur kaki pemain lawan sehingga mudah diantisipasi Pickford.

Inggris baru dapat merespons pada menit ke-14. Ruben Loftus-Cheek menuntaskan sebuah umpan silang dari sayap kanan dengan sundulan ke tiang jauh. Sayangnya, sundulan Loftus-Cheek terlalu lemah. Bola dapat ditangkap dengan mudah oleh Thibaut Courtois.

Lima menit kemudian giliran skema set-piece yang hampir membawa Inggris menyamakan skor. Umpan sepak pojok Kieran Trippier dituntaskan Harry Maguire dengan sebuah sundulan. Bola mengarah akurat ke gawang, namun dapat ditangkap Courtois dengan mudah.

The Three Lions kembali membuang momentum emas pada ment ke-23. Memaksimalkan ruang tembak yang ada, Harry Kane menyambar umpan pendek kiriman Sterling dengan tendangan keras. Gol urung tercipta karena bola hasil tendangan Kane melebar di kiri gawang.

Usai peluang tersebut, kedua tim lebih banyak mengalirkan bola di lini tengah. Berulang kali, baik Inggris maupun Belgia masuk ke kotak penalti lawan, namun penyelesaian akhir tak optimal membuat tak ada lagi gol tercipta di babak pertama. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit tanda turun minum.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-54, Inggris kembali mendulang peluang. Dari sektor kanan kotak penalti, Jesse Lingard melepaskan tendangan voli menyilang. Sayangnya bola melebar dari sasaran.

Dua menit kemudian giliran Belgia merespons. Umpan terobosan Kevin De Bruyne jatuh tepat ke kaki Romelu Lukaku yang lolos dari jebakan offside. Sayangnya kontrol tak sempurna membuat bola di kaki sang striker dapat diambil alih Pickford sebelum berujung tendangan.

Di menit ke-68 Inggris kembali menekan balik. Dari luar kotak penalti, Eric Dier membidikkan bola ke sudut kiri bawah gawang dengan tendangan keras meyusur tanah. Beruntung bagi Belgia karena Courtois mampu tampil apik untuk menahan laju bola.

Dewi fortuna kembali tak memihak pada Inggris semenit kemudian. Aksi menusuk Dier ke sektor kiri pertahanan Belgia dipungkasi tendangan akurat yang mengecoh Courtois. Sayangnya, laju bola kelewat lemah dan dapat disapu Toby Alderweireld sebelum melewati garis gawang.

Eric Dier mendulang peluang lagi di menit ke-73. Umpan silang Danny Rose dituntaskan pemain asal Tottenham itu dengan sebuah sundulan. Bola hanya melebar dari sasaran.

Lewat skema serangan balik cepat pada menit ke-76, giliran Belgia mengancam. Memaksimalkan umpan Eden Hazard, Dries Mertens menendang bola, namun hasilnya tak mengarah ke sasaran.

Peluang tak kalah matang didapat Belgia tiga menit berselang. Berawal dari kreasi Kevin De Bruyne, bola dilambungkan Dries Mertens dengan sebuah uman silang. Thomas Meunier yang berdiri bebas di sektor kanan kotak penalti menyambarnya dengan tendangan voli keras. Gol urun tercipta lantaran Pickford tampil menawan dengan memblok bola hasil peluang Meunier.

Kegagalan ini terbayar tuntas pada menit ke-82. Usai menerima umpan terobosan dari De Bruyne, dari sektor kiri kotak penalti Hazard membidikkan bola ke tiang dekat. Pickford tak berkutik menghadang laju si kulit bundar dan terciptalah gol kedua Belgia. Skor 2-0.

Gol Hazard sekaligus menjadi yang terakhir dalam duel Belgia vs Inggris. Skor akhir 2-0 membuat Belgia resmi keluar sebagai peraih peringkat tiga pada ajang Piala Dunia 2018.

Statistik Pertandingan




Susunan Pemain



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan