Liga Jerman 2019

Hasil Bayern vs Dortmund Skor 5-0: Pembantaian di Der Klassiker

Oleh: Wan Faizal - 7 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Bayern Munchen vs Borussia Dortmund yang berakhir dengan skor 5-0 membuat Die Roten memuncaki klasemen Liga Jerman.
tirto.id - Bayern Munchen menumbangkan Borussia Dortmund dengan skor telak 5-0 di Allianz Arena, Minggu (7/4/2019) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Die Roten bisa menggusur rivalnya tersebut dari puncak klasemen Liga Jerman dengan keunggulan satu angka.

Bayern langsung bisa mengepung Dortmund sejak menit pertama. Namun, justru BVB yang harusnya bisa memimpin di menit tujuh. Berawal dari umpan silang Marco Reus dari sisi kiri, Mahmoud Dahoud sukses menyambar bola di depan gawang Manuel Neuer. Bola hanya membentur tiang gawang dan bergulir keluar lapangan.

Tiga menit kemudian Dortmund terbobol. Tuan rumah yang mendapatkan hadiah tendangan penjuru mampu memaksimalkan peluang tersebut dengan sempurna. Eksekusi Thiago Alcantara mampu dilanjutkan dengan tandukan keras Mats Hummels untuk memulai pesta gol tuan rumah. Dari Hummels sendiri, tak ada selebrasi berlebihan ketika ia menjebol gawang eks klubnya tersebut.

Gol Hummels itu tampaknya membuat kepercayaan diri Dortmund semakin luntur. Dan Axel Zagadou membuat kesalahan fatal tujuh menit kemudian yang berbuah gol kedua Bayern. Niat hati mengumpan pada rekannya, bola malah mengarah pada Robert Lewandowski di depan gawang. Mudah saja bagi striker Bayern tersebut untuk mencetak gol dan menghukum kesalahan dari Zagadou.

Tekanan dari Bayern semakin trengginas saja ke pertahanan Dortmund. Zagadou kembali melakukan kesalahan namun kali ini Roman Burki bisa menepis sepakan Lewandowski di menit 19. Dua menit kemudian sang kiper kembali bermain gemilang untuk menggagalkan tandukan dari Thomas Muller.

Andai Burki tak bermain maksimal, bukan tidak mungkin Hummels sudah mengemas gol keduanya pada menit 33. Tandukan keras kembali dilepaskan sang bek namun Burki kembali menjawabnya dengan refleks gemilang untuk menepisnya. Namun, kegemilangan Burki tak dibantu rekan setimnya hingga gawang Dortmund bobol lagi menit 41 lewat sepakan Javi Martinez.

Dua menit berikutnya giliran Serge Gnabry yang namanya tercantum ke daftar pencetak gol. Kali ini giliran Manuel Akanji yang terlihat "malas" untuk mengawal Gnabry ketika ada umpan silang dari Muller. Alhasil, Gnabry dengan mudahnya mengarahkan bola ke sudut gawang Burki. Skor 4-0 untuk Bayern di babak pertama.

Tak banyak yang bisa dilakukan Lucien Favre dalam kondisi seperti ini. Zagadou diganti oleh Julian Weigl di interval pertandingan. Favre kemudian mencoba menambah darah segar dengan masuknya Mario Gotze menggantikan Dahoud.

Bayern sendiri di babak kedua terasa sudah menurunkan tempo permainannya. Mereka tak lagi agresif seperti di babak pertama. Di sisi lain Dortmund pun gagal memberikan ancaman pada gawang Neuer, kiper yang minim tekanan sedari awal laga.

Sementara gol terakhir sendiri dikemas lagi oleh Lewandowski di menit 89. Gnabry turut berandil besar dalam proses gol ini dan memudahkan rekannya tersebut mencetak gol dari jarak dekat. Skor akhir 5-0 dan Bayern berhak memimpin klasemen Bundesliga saat ini.



Pencetak Gol: Hummels 10’, Lewandowski 17’, 89’, Martinez 41’, Gnabry 43’

Susunan Pemain:

Bayern: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez (Leon Goretzka 77’), Thiago Alcantara; Kingsley Coman (Franck Ribery 68’), Serge Gnabry, Thomas Muller (Renato Sanches 80’); Robert Lewandowski

Dortmund: Roman Burki; Lukasz Piszczek (Marius Wolf 69’), Manuel Akanji, Dan Axel Zagadou (Julian Weigl 46’), Abdou Diallo; Axel Witsel, Thomas Delaney; Mahmoud Dahoud (Mario Gotze 62’), Jacob Bruun Larsen, Jadon Sancho; Marco Reus

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal