Liga 1 2019

Hasil Barito Putera vs Persipura: Mutiara Hitam Menang Telak

Oleh: Hendi Abdurahman - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Shopee Liga 1 2019 laga Barito Putera vs Persipura berkesudahan dengan skor akhir 0-4. Mutiara Hitam sukses curi poin di Martapura.
tirto.id - Hasil Barito Putera vs Persipura pada pekan 16 Shopee Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (23/8) berakhir dengan skor 0-4. Gol Mutiara Hitam ditorehkan Mamadou Samassa, Andre Ribeiro, Titus Bonai dan Louis Kabes.

Peluang pertama diciptakan Barito Putera pada menit 14 melalui sundulan Samsul Arif. Namun, bola masih menyamping dan terlampau lemah sehingga tidak membahayakan gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman.

Enam menit kemudian, giliran tim tamu yang mendapatkan kesempatan. Titus Bonai menusuk dari sisi kanan pertahanan Barito Putera. Sempat melakukan sekali tekukan, mantan penggawa Borneo FC itu melepaskan tendangan yang sayangnya masih melebar.

Gol pertama di pertandingan ini akhirnya tercipta pada menit 36. Melalui eksekusi tendangan bebas, Mamadou Samassa mengarahkan bola ke sudut kiri gawang. Bola meluncur tanpa bisa dihadang Adhitya Harlan. Skor 0-1 sekaligus menjadi hasil babak pertama.

Memasuki babak kedua, tuan rumah mencoba memperkuat lini tengah dengan memasukkan Paulo Sitanggang menggantikan Lucas Silva. Namun, alih-alih menguasai jalannya laga, anak asuh Yunan Helmi mesti kembali kebobolan.

Lagi, bola mati menjadi titik lemah lini pertahanan tuan rumah. Pada menit 59, diawali dari tendangan bebas yang dilakukan Louis Kabes, bola meluncur ke kotak penalti. Andre Ribeiro berhasil meneruskan umpan tersebut menjadi gol. Skor 0-2.

Tidak berhenti sampai di situ, Mutiara Hitam justru semakin menaikkan intensitas serangan. Dua gol tambahan akhirnya berhasil ditorehkan masing-masing oleh Titus Bonai lewat tendangan bebas pada menit 65, dan tiga menit kemudian giliran Louis Kabes yang sukses menggenapkan keunggulan menjadi 0-4.

Di sisa waktu, Barito Putera belum bisa keluar dari tekanan meskipun telah memaksimalkan sisa pergantian pemain. Samsul Arif seolah kesulitan untuk masuk ke area kotak penalti karena bek Persipura tampil fokus dan disiplin.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, Persipura berhasil mempertahankan keunggulan dan menang dengan skor telak 0-4.

Susunan Pemain

Barito Putera: Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donny Monim, Rony Beroperay; Lucas Silva (Paulo Sitanggang), Ady Setiawan (N. Fahmi), Bayu Pradana; Gavin Kwan, Yakob Sayuri (Ferdiansyah), Samsul Arif.

Persipura: Dede Sulaiman; Israel Wamiau, Ricardo Salampessy (David Rumakek), Andre Ribeiro, Yohanis Tjoe; Oh In-kyun, Ibrahim Conteh, Ian Kabes (Todd Rivaldo Ferre); Titus Bonai, Boaz Solossa (Gunansar Mandowen), Mamadou Samassa.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight