Liga Champions 2019

Hasil Barcelona vs Lyon Skor 2-0 Babak Pertama, Gol Messi-Coutinho

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penalti Lionel Messi dan gol Philippe Coutinho membuat skor 2-0 menjadi hasil Barcelona vs Lyon di leg kedua 16 besar Liga Champions pada Kamis (14/3/2019).
tirto.id - Penalti Lionel Messi dan aksi Philippe Coutinho menjadi kunci Barcelona sementara unggul 2-0 dari Lyon di babak pertama leg kedua 16 besar Liga Champions pada Kamis (14/3/2019). Bermain di Camp Nou, tuan rumah sementara unggul agregat 2-0 dari sang tamu dan membuka asa lolos ke perempat final.

Bermain imbang 0-0 di leg pertama, Barcelona kali ini memakai formasi khas mereka kembali 4-3-3. Tidak ada Ousmane Dembele dalam starting XI, posisinya digantikan Philippe Coutinho, yang ditriokan dengan Lionel Messi dan Luis Suarez.

Sementara itu, Lyon menggunakan formasi 3-5-2 untuk bertahan total di Camp Nou. Wakil Liga Perancis sudah terdesak sejak awal dan membiarkan Barca memonopoli penguasaan bola. Menit keempat kiper Anthony Lopes sudah melakukan penyelamatan penting atas aksi Messi.

Lyon punya kesempatan dari gelandang bertahan Tanguy Ndombele dari tembakan 20 yard yang masih melebar dari sisi gawang. Namun, menit ke-16, tim tamu terkena hukuman penalti ketika Luis Suarez dilanggar oleh Jason Denayer.

Eksekusi yang dilakukan oleh Lionel Messi, dengan gaya panenka, sukses menaklukkan Lopes. Barcelona memimpin 1-0. Berselang lima menit, terjadi benturan antara Coutinho dan sang kiper Lyon. Sempat disangka tak mampu melanjutkan laga, Lopes tetap bisa kembali beraksi.

Barcelona terus menekan Lyon. Menit ke-29, Luis Suarez melepaskan tembakan yang bisa dibendung Lyon. Bola muntah gagal dimanfaatkan Ivan Rakitic. Namun dua menit kemudian, tuan rumah benar-benar menggandakan kedudukan.

Bermula dari umpan Arthur, Suarez lepas dari penjagaan Marcelo Marcal, lantas mengirim bola untuk diselesaikan Coutinho dengan mudah ke gawang kosong.

Sementara itu, Lyon akhirnya benar-benar mengganti Lopes dengn Mathieu Gorgelin. Menit ke-40 sang kiper kedua melakukan aksi penyelamatan untuk menghalau peluang Messi.

Hingga babak pertama usai, Barcelona menguasai bola hingga 63,3 persen. Dominasi mereka tidak terlihat dari sana saja, Barca melepaskan 13 tembakan, 6 di antaranya tepat sasaran. Sementara Lyon, dari 4 tembakan, tidak ada yang tepat sasaran.


Pencetak Gol: Lionel Messi 17 penalti, Philippe Coutinho 31

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Clement Lenglet, Gerard Pique, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho.

cadangan: Nelson Semedo, Ousmane Dembele, Jasper Cillessen, Malcom, Arturo Vidal, Samuel Umtiti, Carles Alena.

LYON (3-5-2): Anthony Lopes (Mathieu Gorgelin 34); Jason Denayer, Marcelo, Marcal; Leo Dubois, Lucas Tousart, Tanguy NDombele, Nabil Fekir, Ferland Mendy; Moussa Dembele, Memphis Depay.

cadangan: Rafael, Houssem Aouar, Bertrand Traore, Kenny Tete, Pape Cheikh, Maxwel Cornet


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight