Hasil BAC 2019: Tekuk Tunggal Putri Hong Kong, Gregoria ke 16 Besar

Oleh: Oryza Aditama - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Badminton Asia Championships 2019 (BAC): singkirkan tunggal putri Hong Kong, Gregoria Mariska Tunjung lolos ke babak 16 besar.
tirto.id - Gregoria Mariska Tunjung sukses menekuk tunggal putri Hong Kong, Cheung Ying Mei, demi merebut satu tiket ke babak 16 besar Badminton Asia Championships (BAC) 2019 . Berlaga di court-2 Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina, Rabu (24/4/2019) siang, Gregoria pun menang straight game 21-18, 21-16, dalam tempo 33 menit.

Gim pertama berjalan cukup berimbang, kendati Gregoria boleh dikata lebih sering memimpin perolehan angka. Skor 11-9 menandai interval untuk keunggulan wakil Indonesia.

Usai jeda tunggal putri Hong Kong berusaha bangkit, hal itu terbukti dengan keberhasilannya membalikkan situasi pada kedudukan 17-18. Akan tetapi ketenangan Gregoria saat memasuki periode krusial sanggup memanfaatkan momentum untuk mendulang empat angka beruntun, yang sekaligus menutup set pertama dengan skor 21-18.

Seiring peningkatan performa yang ditunjukkan Gregoria, pemain peringkat ke-16 dunia itu pun praktis menguasai jalannya laga pada set kedua. Usai menorehkan keunggulan cepat 9-2, Gregoria pun menutup interval gim kedua dengan skor 11-8.

Selepas itu keunggulan tunggal putri terbaik Indonesia pun kian menjauh dari kejaran sang rival. Sempat memimpin 19-13, Gregoria akhirnya menyudahi laga ini dengan kemenangan 21-16.

Untuk babak 16 besar, Gregoria Mariska Tunjung telah ditunggu lawan berat, yakni wakil tuan rumah sekaligus unggulan pertama, Chen Yufei. Dari segi rekor pertemuan pun, Gregoria masih kalah dibanding calon rivalnya tersebut. Dalam tiga kali pertemuan antara keduanya, Gregoria hanya sanggup merebut satu kali kemenangan.



Hasil positif yang diperoleh Gregoria juga diikuti oleh wakil tunggal putri Indonesia lainnya yang masih berusia 19 tahun, Choirunnisa. Bertarung selama 35 menit di court-5, Choirunnisa sukses menundukkan wakil Malaysia, Lee Ying Ying, dua set langsung dengan skor 21-17, 21-15.

Sayangnya hasil tersebut tak sanggup diikuti oleh Ruselli Hartawan dan Fitriani. Keduanya terpaksa harus mengakhiri kiprahnya di Wuhan, Cina, lebih awal lantaran takluk dari lawan mereka masing-masing.

Fitriani kandas di tangan wakil Malaysia, Soniia Cheah, dalam pertarungan straight game 12-21, 10-21. Sementara Ruselli Hartawan menyerah di hadapan tunggal putri Korea, Kim Ga Eun, usai enjalani pertarungan dua set langsung yang berakhir dengan kedudukan 12-21, 19-21.

Baca juga artikel terkait BADMINTON ASIA CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus