Liga Champions

Hasil Atalanta vs Valencia 4-1: Pesta San Siro, Peluang 8 Besar UCL

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Atalanta vs Valencia skor 4-1 dalam leg pertama 16 besar Liga Champions membuat tuan rumah berpesta di San Siro dan makin berpeluang lolos ke perempat final UCL.
tirto.id - Hasil pertandingan Atalanta vs Valencia dalam leg pertama 16 besar Liga Champions 2019/2020 berakhir dengan skor 4-1. Brace Hans Hateboer ditambah satu gol Josip Ilicic dan Remo Freuler di Stadion Giuseppe Meazza (San Siro) pada Kamis (20/2/2020) memastikan tim kejutan asal Italia punya keunggulan masif untuk lolos ke perempat final.

Atalanta memang tidak dapat tampil di markas mereka sendiri, Stadion Gewiss karena tidak memenuhi syarat UEFA. Namun, di depan fans yang rela "bertandang" dari Bergamo ke Milan, pasukan Gian Piero Gasperini tampil istimewa. Nerazzurri bisa unggul empat gol lebih dahulu dari Valencia, tim yang pernah jadi finalis Liga Champions dua kali.

Turun dengan formasi 3-5-2, Atalanta dominan pada menit-menit awal laga. Tuan rumah sudah punya peluang emas pada menit kedelapan saat tembakan Mario Pasalic bisa dibendung kiper Valencia, Jaume Domenech. Laga berjalan seperempat jam, Nerazzurri memimpin.

Umpan Alejandro Dario Gomez dituntaskan Hans Hateboer dari jarak dekat jadi gol. Valencia tidak dapat merespons ini hingga menjelang babak pertama usai. Sebaliknya, Atalanta menambah gol pada menit ke-42 lewat drive Josip Ilicic. Bagi sang penyerang Slovenia, ini gol perdananya di UCL.

Pasukan Gian Piero Gasperini adalah tim tersubur di Serie A musim ini dengan 63 gol dari 24 pertandingan. Sebaliknya, Valencia termasuk lima tim terburuk di Liga Spanyol dalam urusan kebobolan, terkoyak 34 kali hanya dalam 24 laga. Ini tercermin sepanjang laga, terutama dengan tambahan dua gol tuan rumah di babak kedua.

Gelandang Nerazzurri asal Swiss, Remo Freuler mengirim tembakan lengkung yang menjebol gawang Los Che pada menit ke-57. Hanya berselang lima menit, gol kedua Hateboer lahir melalui tendangan datar ke sudut jauh gawang pasukan Albert Celades. Valencia baru bisa bertindak setelah tertinggal demikian jauh.

Denis Cheryshev membuat skor jadi 4-1 hanya dua menit setelah masuk ke lapangan. Dalam sisa pertandingan, Valencia terus mencari celah. Total mereka mengirim 18 tembakan. Namun, efektivitas wakil Liga Spanyol ini layak dipertanyakan dengan hanya 4 peluang yang mengancam kiper Pierluigi Gollini.

Skor akhir yang 4-1 membuat Atalanta punya peluang besar lolos ke perempat final. Sebaliknya, Valencia butuh kemenangan minimal 3-0 di Mestalla di leg kedua pada 11 Maret 2020 mendatang. Jika melihat tren negatif Los Che belakangan, terutama catatan kebobolan mereka yang 11 kali dalam 4 partai terakhir, misi remontada ini bakal sangat berat.



Pencetak Gol: Hans Hateboer 16 dan 62, Josip Ilicic 42, Remo Freuler 57 (Atalanta) - Denis Cheryshev 66 (Valencia)

Atalanta (3-5-2): Gianluigi Gollini; Rafael Toloi, Mattia Caldara (Duva Zapata 75), Jose Luis Palomino; Hans Hateboer, Marten De Roon, Remo Freuler, Robin Gosens, Mario Pasalic (Adrien Tameze 90); Josip Ilicic, Alejandro Dario Gomez (Ruslan Malinovsky 81)

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Eliaquim Mangala, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Geoffrey Kondogbia, Ferran Torres, Dani Parejo, Carlos Soler, Goncalo Guedes (Denis Cheryshev 64), Maxi Gomez (Kevin Gameiro 73)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight