Copa America 2019

Hasil Argentina vs Kolombia Skor Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama

Oleh: Wan Faizal - 16 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil Argentina vs Kolombia di babak pertama penyisihan grup Copa America 2019.
tirto.id - Tak ada gol yang tercipta di sepanjang babak pertama Copa America 2019 antara Argentina vs Kolombia di Arena Fonte Nova, MInggu (16/6/2019) pagi WIB. Meski menjadi unggulan, Albiceleste justru tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan lebih sering tertekan oleh permainan lawan.

Berharap bisa mengakhiri puasa juara tahun ini, Argentina asuhan Lionel Scaloni langsung menurunkan skuad terbaik. Lionel Messi menjadi pemimpin di lapangan dengan bantuan pemain senior lain seperti Sergio Aguero dan Angel Di Maria. Sementara Kolombia tak kalah garangnya dengan keberadaan James Rodriguez, Radamel Falcao, dan Juan Cuadrado.

Kolombia langsung memberikan tekanan pada pertahanan Tim Tango di menit-menit awal. Namun, semua berubah ketika Luis Muriel mengalami cedera ketika berbenturan dengan German Pezzella, rekan setimnya di Fiorentina. Kiprah sang striker pun selesai ketika ia digantikan Roger Martinez di menit 14.

Menariknya, nyaris saja Martinez mencetak gol ketika baru masuk ke lapangan. Mendapatkan sodoran bola dari Falcao, Martinez memiliki ruang yang cukup untuk melepaskan tembakan ke gawang Franco Armani. Namun nyatanya tembakan first time striker milik Club America tersebut masih tidak tepat sasaran.

Bagi Argentina sendiri, permainan mereka terlihat sangat tidak berkembang. Messi tidak banyak mendapatkan bola lantaran pressing ketat dari skuad Kolombia. Hal yang tidak bagus juga menimpa Aguero yang seperti terisolasi di sektor pertahanan lawan karena minimnya pasokan bola untuknya.

Di sisi lain, sektor belakang Argentina pun juga sering tertekan oleh permainan pasukan Carlos Queiroz. Ada satu momen yang nyaris berakibat kesalahan fatal dilakukan Armani dan Nicolas Otamendi. Di dalam kotak penalti, bola bisa direbut James dan disodorkan ke Falcao. Beruntung ketika Falcao akan menembak bola, ada satu pemain Argentina yang bisa cepat membuang bola.

Permainan pun juga berjalan agak keras. Hal tersebut tampak seperti lebih menguntungkan bagi skuad Los Ticos karena ada beberapa kali pelanggaran pemain Argentina berbuah tendangan bebas. Akan tetapi sekali lagi, efektivitas Kolombia dalam memanfaatkan bola mati yang didapat pun terlihat sangat buruk.

Tetap tak ada gol yang tercipta sampai babak pertama usai. Evaluasi sangat dibutuhkan oleh kedua tim jika masih ingin mengejar kemenangan. Terutama bagi Scaloni yang harus menemukan formula tepat untuk melepaskan para pemainnya dari tekanan Kolombia.



Pencetak Gol: -

Susunan Pemain:

Argentina: Franco Armani; Renzo Saravia, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Guido Rodriguez, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Angel Di Maria, Lionel Messi, Sergio Aguero

Kolombia: David Ospina; John Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Wilmar Barrios, Mateus Uribe; Juan Cuadrado, Luis Muriel (Roger Martinez 14’), James Rodriguez; Radamel Falcao

Baca juga artikel terkait COPA AMERIKA 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus