Copa America 2019

Hasil Argentina vs Chile, Skor 2-1: Lionel Messi Dapat Kartu Merah

Oleh: Gilang Ramadhan - 7 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 menjadi hasil Argentina vs Chile dalam pertandingan perebutan juara ketiga Copa America 2019 yang berlangsung pada Minggu (7/7/2019) di Arena Corinthians.
tirto.id - Hasil Argentina vs Chile dalam laga perebutan juara ketiga Copa America 2019 berkesudahan dengan skor 2-1. Bertanding di Arena Corinthians pada Minggu (7/7/2019), Albiceleste bermain dengan 10 pemain setelah Lionel Messi mendapat kartu merah pada menit 37.

Argentina yang tampil dengan trio Aguero, Dybala dan Messi tampil menggebrak sejak menit awal. Sementara Chile mengandalkan Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas di lini serang.

Pada menit tujuh, Sergio Aguero sudah mengancam gawang Chile melalui sepakan spekulasinya dari luar kotak penalti. Tetapi bola masih melenceng tipis ke sisi kiri gawang Gabriel Arias dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Berselang lima menit kemudian, Aguero membawa Argentina unggul. Melalui umpan terobosan dari tendangan bebas cepat Lionel Messi, Aguero berhasil lolos dari kawalan pemain Chile dan sukses melewati Gabriel Arias sebelum menceploskan bola ke gawang.

Chile terpaksa melakukan pergantian lebih cepat pada menit 17 setelah Alexis Sanchez cedera. Pemain Manchester United itu digantikan oleh Junior Fernandes.

Argentina hanya butuh waktu sepuluh menit usai gol pertama untuk menggandakan skor. Giovani Lo Celso mengirim umpan terobosan akurat ke jantung pertahanan Chile yang berhasil disambut Paulo Dybala dengan tendangan congkel. Bola melayang melewati Gabriel Arias.

Pada menit 37, terjadi adu fisik antara Lionel Messi dan Gary Medel. Tanpa pikir panjang, wasit menghadiahi kedua pemain dengan kartu merah. Ini adalah kartu merah kedua Messi sepanjang karier profesionalnya sejak terakhir pada 2005. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 Argentina.

Di babak kedua, Argentina kembali mencoba menguasai pertandingan sejak sepak mula. Pada menit 50 terjadi kemelut di muka gawang Chile, namun para pemain Argentina tidak mampu memanfaatkan keadaan tersebut menjadi gol.

Hanya berselang tujuh menit kemudian, Chile mendapat hadiah penalti dari wasit. Dalam tayangan ulang, Giovani Lo Celso melanggar Charles Aranguiz di luar kotak penalti, namun wasit memutuskan penalti untuk Chile kendati telah melihat tayangan VAR.

Arturo Vidal yang maju menjadi eksekutor dengan tenang menaklukkan kiper Argentina, Franco Armani. Skor berubah menjadi 2-1.

Setelah gol penalti tersebut, Chile justru terus tertekan Argentina. Menit 80, Aguero hampir memperlebar keunggulan setelah mendapat sodoran bola dari Angel Di Maria. Namun sepakan Aguero masih melenceng tipis ke kanan gawang.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Argentina tidak berubah. Argentina mencatatkan 12 peluang dari 40% penguasaan bola, 5 di antaranya mengarah tepat sasaran. Sedangkan Chile hanya memiliki 4 kesempatan mencetak gol.



Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Franco Armani; Juan Foyth, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso (Funes Mori 90'); Lionel Messi, Paulo Dybala (A. Di Maria 67'), Sergio Aguero (M. Suarez 81'). | Pelatih: Lionel Scaloni.

Chile (3-5-2): Gabriel Arias; Paulo Diaz, Gary Medel, Gonzalo Jara (G. Maripan 50'); Mauricio Isla, Charles Aranguiz (N. Castillo 83'), Erick Pulgar, Arturo Vidal, Jean Beausejour; Alexis Sanchez (J. Fernandes 17'), Eduardo Vargas. | Pelatih: Reinaldo Rueda.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight