Hasil Arema FC vs Persita di Piala Indonesia: Singo Edan Mengamuk

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 4-1 menjadi hasil laga Arema FC vs Persita di leg pertama 32 besar Piala Indonesia yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (26/1/2019).
tirto.id - Laga 32 besar Piala Indonesia leg pertama antara Arema FC vs Persita yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (26/1/2019) berakhir dengan skor 4-1. Dwigol Robert Lima dan satu gol masing-masing dari Dedik Setiawan dan Hamka Hamzah hanya bisa dibalas sebiji gol oleh Pendekar Cisadane melalui Chandra Waskito.

Tuan rumah turun dengan skuat terbaiknya, termasuk dua penggawa anyar mereka yakni Pavel Smolyachenko dan Robert Lima. Sementara di lini belakang, duet Hamka Hamzah dan Arthur Cunha tetap menjadi andalan untuk melapisi Utam Rusdiana di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, starting eleven Persita sebagian besar diisi muka-muka lama. Di lini depan misalnya, Sirvi Arfani yang musim lalu menjadi andalan kali ini tetap ditunjuk sebagai penyerang, ia ditopang kapten Egy Melgiansyah di lini tengah. Sementara lini belakang dikomandoi oleh Syarif Wijayanto.

Babak pertama baru berusia enam menit, dua legiun asing baru Singo Edan langsung memberikan pengaruhnya. Bergerak dari lini tengah, Pavel memberikan umpan terobosan ke lini depan yang diterima dengan baik oleh Robert Lima. Tinggal berhadapan dengan kiper Yogi Triana, penyerang yang melakoni debut di ajang resminya bersama Arema itu mampu menggetarkan gawang Persita. Skor 1-0.

Lima menit berselang, Dedik Setiawan menggandakan keunggulan. Proses go kedua ini pun hampir sama dengan gol pertama Singo Edan. Menerima umpan dari lini tengah, Dedik mendorong bola untuk kemudian melepaskan sepakan terarah ke sudut kanan gawang Persita. Skor 2-0.

Arema FC benar-benar mendominasi. Perbedaan kualitas dari segi materi pemain membuat laga seolah berlangsung berat sebelah. Hasilnya, pada menit ke-17 giliran Hamka Hamzah yang mampu menggetarkan gawang Pendekar Cisadane usai melakukan overlap ke lini depan. Skor 3-0.

Aldy Al Achya dan kolega nyaris tak memiliki peluang yang membahayakan. Anak asuh yang dipimpin Wiganda Saputra itu praktis lebih banyak menguasai bola di area tengah dan jarang sampai ke kotak penalti. Skor 3-0 pun menjadi hasil babak pertama.

Dua menit babak kedua berjalan, Robert Lima hampir saja membuat gol keduanya di laga ini. Namun, tendangan keras pemain berusia 32 tahun tersebut masih bisa digagalkan Yogi Triana dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Pendekar Cisadane perlahan keluar dari tekanan. Egy Melgiansyah dan kawan-kawan mulai berani melakukan serangan. Hasilnya, pada menit ke-59 tim asal Tangerang tersebut mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol yang dicetak Chandra Waskito. Skor 3-1.

Setelah mampu mencetak satu gol, Persita tampil lebih percaya diri. Namun, hal tersebut justru membuat Pendekar Cisadane seolah lupa bahwa lawan yang dihadapinya memiliki serangan yang membahayakan. Alhasil, jala Yogi Triana kembali bergetar pada menit ke-78 setelah Arema FC berhasil memanfaatlan kesalahan di lini belakang tim tamu melalui Robert Lima. Skor pun kembali berubah 4-1.

Di sisa waktu, kedua tim menurunkan tempo permainan. Namun, sesekali tuan rumah masih mampu menghasilkan peluang. Sementara itu, tim tamu lebih mengandalkan serangan balik. Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, skor tetap 4-1 untuk kemenangan Arema FC.

Susunan Pemain

Arema FC: Utam Rusdiana; Arthur Cunha; Hamka Hamzah; Johan Alfarizie; Alfin Tuasalamony; Hendro Siswanto; Nasir; Pavel Smolyachenko; Dedik Setiawan; Dendi Santoso; Robert Lima.

Persita: Yogi Triana; M. Toha; Rico Sanjaya; Syarif Wijianto; Amri Alamsyah; Egy Melgiansyah; Aditia Gigis; Aldy Al Achya; Henry Rivaldi; Chandra Waskito; Sirvi Arfani.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman