Hasil Arema FC vs Persib di Piala Indonesia: Tim Tamu ke 8 Besar

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-2 menjadi hasil akhir laga leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia antara Arema FC vs Persib, dengan ini Maung Bandung lolos ke 8 besar karena unggul agresivitas gol tandang dengan agregat 3-3.
tirto.id - Pertandingan Arema FC vs Persib pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (22/2/2019) berakhir dengan skor 2-2. Sempat unggul dua kali melalui gol Makan Konate dan Robert Lima, tim tamu memaksa hasil imbang berkat gol Ezechiel N'Douassel dan Ghozali Siregar.

Meski imbang 2-2 dan dan total agregat menjadi 3-3, Persib berhak lolos ke babak delapan besar lantaran unggul agresivitas gol tandang.

Makan Konate langsung mencatatkan namanya di papan skor saat babak pertama baru berusia 3 menit. Merebut bola dari Bojan Malisic, pemain berusia 27 tahun itu membidikkan bola ke arah pojok kanan yang tak bisa dihadang M. Natshir. Skor 1-0.

Miljan Radovic bereaksi pada menit 34 dengan memasukkan Ezechiel N’Douassel menggantikan Frets Butuan guna mempertajam lini serang. Pemain asal Chad itu membuktikan bahwa apa yang dilakukan Radovic merupakan sesuatu yang tepat.

Pasalnya, Ezechiel menjadi sosok penyama kedudukan di pengujung paruh pertama lewat tendangan penalti. Wasit memberikan penalti setelah pemain Arema FC melakukan handball di kotak terlarang. Tanpa kesulitan, Eze berhasil menggetarkan gawang Utam Rudiana dan mengubah keadaan. Tak lama berselang, laga babak pertama pun berakhir. Skor 1-1.


Lima menit babak kedua berjalan, pelatih Milomir Seslija melakukan perubahan dengan memasukkan Pavel Smolyachenko menggantikan M. Rafli. Pergantian ini dimaksudkan guna menguatkan lini tengah sehingga aliran bola ke lini depan lebih efisien.

Tuan rumah memiliki kesempatan untuk kembali unggul pada menit 54. Mendapatkan penalti usai Ardi Idrus melanggar Rivaldi Bawuo di kotak 12 pas, eksekusi Konate hanya membentur mistar gawang. Skor tak berubah 1-1.

Kali ini Maung Bandung bereaksi. Melakukan akselerasi dari sisi kiri pertahanan Arema FC, Febri Hariyadi melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti pada menit 60. Mengarah ke gawang, Utam Rusdiana menepis bola sehingga hanya menghasikan tendangan penjuru.

Tak berangsur lama, Robert Lima membuktikan kapasitasnya pada menit 73. Menyambut crossing Makan Konate dari sisi kanan, pemain berjuluk Gladiator itu mampu menyundul bola setelah M. Natshir gagal menangkapnya. Gawang Persib kembali bergetar untuk kali kedua. Skor berubah 2-1.

Tuan rumah mulai mengendorkan serangan. Namun, keadaan ini justru membuat Maung Bandung mampu balik menekan. Hasilnya, diawali dari situasi bola mati yang dilepaskan ke kotak penalti Arema FC, bola tak mampu ditangkap dengan sempurna Utam Rusdiana. Ghozali Siregar yang muncul dari belakang menyosor bola liar. Skor 2-2.

Hasil itu pun berakhir hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Tim tamu akhirnya lolos ke babak delapan besar.

Susunan Pemain Arema FC vs Persib

Arema FC: M. Natshir; Henhen Herdiana; Indra Mustafa; Bojan Malisic; Ardi Idrus; Srdan Lopicic; Hariono; Kim Kurniawan; Febri Hariyadi; Frets Butuan; Ghozali Siregar.

Persib: Utam Rusdiana; Alfin Tuasalamony; Arthur Cunha; Jamka Hamzah; Johan Alfarizie; Hendro Siswanto; Makan Konate; M. Rafli; Rivaldi Bawuo; Sunarto; Robert Lima.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight