Hasil Akhir Timnas U16 Indonesia vs China 0-0, Garuda Runner Up

Oleh: Beni Jo - 22 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil akhir Timnas U16 Indonesia vs China, rampung dengan skor 0-0. Dengan hasil ini, posisi Indonesia adalah runner up grup G Pra Piala Asia U16.
tirto.id - Hasil Timnas Indonesia U-16 vs China dalam babak kualikasi Piala Asia U-16 2020 Grup G yang digelar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019) berakhir dengan skor 0-0 tanpa gol. Kedua tim sebenarnya mampu menciptakan banyak peluang, tetapi tidak mampu dimanfaatkan menjadi gol.

Meladeni China, Bima Sakti sedikit melakukan perubahan di lini belakang. Kapten tim Marcell Januar Putra kembali ditampilkan sejak menit awal usai absen lawan Brunei. Selain itu, Mochamad Aditya Rangga Saputra dan Dimas Juliono Pamungkas juga dipasang sebagai starter dengan tetap mengandalkan Alexandro Felix Kamuru sebagai bek sayap.

Di tengah, Indonesia menurunkan trio Resa Aditya Nugraha, Aditya Daffa Al Haqi, dan Marselino Ferdinan yang menjadi pemain utama pada laga terakhir.

Untuk sektor depan, Ahmad Athallah Araihan menjadi penyerang tengah dengan dukungan Mohamad Faizal Shaifullah dan Ruy Arianto dari sisi winger.

Pada babak pertama, kedua tim tampil dengan saling melakukan serangan. Beberapa kesempatan membobol gawang lawan diperoleh Indonesia dan Cina. Namun, tidak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Indonesia sempat mengancam pada menit ke-25. Melalui pergerakan yang dilakukan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Tetapi bola masih menyamping ke sisi kanan.

Tendangan Ahmad Athallah Araihan dari jarak dekat juga masih membentur tiang gawang. Bola pantul yang hampir membobol gawang Cina juga masih bisa diselamatkan oleh pemain lawan.

Sedangkan Cina juga memiliki peluang emas. Menerima hadiah tendangan bebas, lesakan dari depan kotak 16 itu melayang diatas gawang kawalan I Made Putra Kaicen. Kedua tim pun akhirnya mengakhiri laga paruh pertama dengan dengan skor sementara 0-0.

Memasuki babak kedua, Cina sempat mengancam pada menit ke-54. Kemelut terjadi di area penalti Indonesia. Namun berhasil diselamatkan Made Putra Kaicen dengan menepis bola keluar. Lesakan jarak jauh dari pemain lawan juga kembali ditangkap oleh kiper utama Indonesia itu.

Marcelino melakukan percobaan tembakan pada menit ke-60. Namun, kali ini hasil tendangannya masih melayang diatas gawang yang dijaga oleh Li Hao. Sundulan yang dilakukannya memanfaatkan bola tendangan sudut masih saja mengarah tipis diluar pojok gawang Cina.

Mohamad Faizal Shaifullah juga melakukan akselerasi pada menit ke-85. Berhasil mengecoh pemain lawan, ia melepaskan tembakan yang mampu on target. Tetapi bola jatuh di pelukan kiper Li Hao.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol. Wasit pun meniup panjang peluitnya tanda berakhirnya pertandingan. Skor 0-0 tanpa gol menutup laga.

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Mochamad Aditya Rangga Saputra, Marcell Januar Putra, Dimas Juliono Pamungkas, Alexandro Felix Kamuru; Resa Aditya Nugraha, Aditya Daffa Al Haqi, Marselino Ferdinan; Mohamad Faizal Shaifullah, Ahmad Athallah Araihan, Ruy Arianto.

Cina U-16 (4-3-3): Li Hao; Li Suda, Zhang Yixuan, Ailikuti Aishajiang, Xiang Rongjun; Zhang Wenxuan, Xu Bin, He Xiaoke; Li Ruichen, Maiwulang Mijiti, Fan Chao.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Agung DH
DarkLight