Hasil Akhir Persija vs PSIS: Macan Kemayoran Keluar dari Zona Merah

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 menjadi hasil Persija vs PSIS di Liga 1 2019 sehingga tuan rumah lepas dari zona degradasi.
tirto.id - Hasil Persija vs PSIS pada pekan 18 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Patriot Chandrabagha, Bekasi, Minggu (15/9) berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Dua gol Macan Kemayoran ditorehkan Marko Simic dan Rohit Chand sementara satu gol Mahesa Jenar tercipta atas nama Septian David Maulana.

Dengan kemenangan ini, Macan Kemayoran untuk sementara meninggalkan zona merah. Maman Abdurahman dan kolega naik ke urutan 15. Sedangkan kekalahan yang diderita Mahesa Jenar membuat mereka berada di peringkat 12.

Minus Ismed Sofyan, Persija tampil dengan kekuatan terbaik. Julio Banuelos yang mendapat ultimatum pemecatan sebagai pelatih mengusung formasi menyerang 4-3-3. Marko Simic dipasang sebagai juru gedor dibantu Ramdani Lestaluhu dan Riko Simanjuntak di sisi sayap.

Sementara itu, PSIS mengandalkan Hari Nur Yulianto sejak sepak mula. Claudir Marini yang berada di bangku cadangan membuat Jonathan Cantillana didorong lebih ke depan untuk menopang lini serang.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama baru berjalan empat menit, Xandao berhasil menggetarkan gawang Jandia Eka Putra. Namun, gol tersebut dianulir lantaran wasit menganggap penggawa asal Brasil itu telah berada pada posisi offside.

Tim tamu bereaksi enam menit kemudian. Tendangan bebas Septian David Maulana gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Andritany, bola liar mengarah kepada Ganjar Mukti. Akan tetapi, sepakannya masih menyamping di sisi kanan.

Macan Kemayoran mendominasi jalannya pertandingan sedangkan PSIS lebih banyak bertahan dan hanya melakukan serangan sesekali. Di ujung paruh pertama, gol yang ditunggu-tunggu oleh pendukung tuan rumah tercipta.

Berawal dari pelanggaran salah seorang bek PSIS kepada Ramdani Lestaluhu di kotak terlarang, wasit menunjuk titik putih. Marko Simic yang menjadi eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan paripurna. Skor 1-0 dan bertahan hingga turun minum.



Memasuki babak kedua, Persija tidak menurunkan intensitas serangan. Beberapa kali serangan dari sisi kiri dan kanan membuat pertahanan PSIS cukup kerepotan. Hasilnya, pada menit 53, Rohit Chand sukses menggandakan keunggulan.

Gol berawal dari bola liar di kotak penalti. Para pemain bertahan Mahesa Jenar gagal menyapu bola dengan baik. Dengan penempatan posisi yang tepat, Rohit pun melepaskan tendangan keras yang tidak bisa ditahan Jandia Eka Putra. Skor 2-0.

Tertinggal dua gol membuat PSIS lebih berani keluar menyerang. Pelatih Bambang Nurdiansyah memasukkan Tegar Infantrie untuk menggantikan Jonathan Cantillana. Perubahan ini membuat lini tengah tim tamu lebih “segar”.

Kondisi ini pun membuat PSIS berhasil memperkecil kedudukan sepuluh menit setelah gol Rohit Chand. Lewat sentuhan Septian David Maulana di depan gawang, bola meluncur mulus ke gawang Persija.

Perjuangan PSIS untuk menyamakan skor terus dilakukan meskipunkendali permainan kembali didominasi Persija. Tiga menit jelang berkahirnya laga, Joan Tomas memiliki momentum untuk memperlebar keunggulan. Tendangnnya berada tipis di sisi kanan gawang jandia Eka Putra.

Peluang Joan Tomas menjadi yang terakhir pada pertandingan ini lantaran tak lama kemudian, wasti meniup peluit tanda berakhirnya laga. Skor akhir 2-1.

Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Novri Setiawan, Xandao, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa; Tony Sucipto, Rohit Chand, Joan Tomas, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu (Bambang Pamungkas 70); Marko Simic.

PSIS: Jandia Eka Putra; Frendi Saputra; Ganjar Mukti, Rio Saputra, Fredyan Wahyu; Heru Setyawan (Claudir Marini 75), Septian David, Eka Febri,Bayu Nugroho (Komarudin 39), Jonathan Cantillana (Tegar Infantrie 46); Hari Nur Yulianto.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight