Hasil Ajax vs Real Madrid, Menangi Leg 1 Berkat Benzema & Asensio

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-2 menjadi hasil Ajax vs Real Madrid di Liga Champions pada Kamis (14/2/2019) berkat gol Marco Asensio tiga menit sebelum laga usai.
tirto.id - Gol Marco Asensio menjadi penentu hasil Ajax vs Real Madrid di leg pertama 16 besar Liga Champions yang berakhir dengan skor 1-2. Berkat kemenangan di Johan Cruyff Arena pada Kamis (14/2/2019) ini sang juara bertahan semakin berpeluang lolos ke perempat final.

Setelah gol Nicolas Tagliafico yang dianulir wasit pada babak pertama, Karim Benzema menjadi pemecah kebuntuan laga pada menit 60. Berselang seperempat jam, lahirlah gol balasan Hakim Ziyech. Namun, pada akhirnya, Madrid menang berkat Asensio yang turun sebagai pemain pengganti.

Ajax yang dalam tiga laga kandang terakhir sebelum ini kebobolan 11 gol oleh Real Madrid, turun dengan formasi 4-3-3. Sang lawan juga demikian, dengan memberi kesempatan untuk Gareth Bale dan Vinicius Junior tampil sejak menit pertama. Tuan rumah lebih dominan di babak pertama.

Meskipun demikian, tidak mudah bagi Ajax mengganggu Thibaut Courtois. Madrid yang lebih mengancam awalnya, melalui Bale dan Vinicius. Tuan rumah kemudian mencetak gol delapan menit jelang turun minum. Hanya, gol Nicolas Tagliafico itu tidak disahkan wasit Damir Skomina berkat bantuan VAR.

Imbang tanpa gol hingga turun minum, kedua tim berbalas menciptakan peluang pada awal nbabak kedua. Menit ke-51, Benzema memaksa kiper Andre Onana melakukan penyelamatan. Selang semenit, giliran David Neres yang menguji Courtois.

Real Madrid akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-59. Mendapatkan bola di sisi kanan pertahanan Ajax, Vinicius mendesak ke kotak penalti, tidak terbendung lantas memberikan umpan manis untuk diselesaikan Karim Benzema.

Gol tadi memaksa Ajax bermain lebih terbuka. Menit ke-71, tendangan bebas Hakim Ziyech dihadang Courtois. Berselang empat menit, gol penyeimbang akhirnya datang. Neres memberikan umpan jitu yang disudahi dengan tembakan Ziyech. Bola masuk, 1-1.

Gol tadi lahir datang ketika Bale dan Benzema sudah tidak di lapangan. Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, mencoba perubahan dengan masuknya Mariano Diaz. Los Blancos kemudian mendapatkan gol kedua tiga menit sebelum bubaran.

Casemiro mengambil bola di tengah lapangan, lantas mengumpan kepada Dani Carvajal, yang mendesak di sisi kiri pertahanan Ajax. Ia mengirim bola yang gagal diamankan oleh Onana, dan menjadi santapan empuk Marco Asensio.

Ajax masih punya satu kesempatan lagi membalas, di injury time melalui Kasper Dolberg. Namun, Thibaut Courtois menghentikan momentumnya, dan membuat Real Madrid mengamankan kemenangan penting 1-2 di Amsterdam.


Pencetak Gol: Hakim Ziyech 75 (Ajax) | Karim Benzema 60, Marco Asensio 87 (Real Madrid)

AJAX (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone (Kasper Dolberg 73), Donny van de Beek, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres.

cadangan: Dani de Wit, Daley Sinkgraven, Kostas Lamprou, Klaas-Jan Huntelaar, Joel Veltman, Rasmus Kristensen.

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Nacho, Sergio Ramos, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale (Lucas Vazquez 61), Karim Benzema (Marco Asensio 73), Vinicius Junior (Mariano Diaz 81)

cadangan:
Keylor Navas, Jesus Vallejo, Dani Ceballos, Marcelo

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus