Liga Champions

Hasil Ajax vs Bayern Munchen di UCL, Skor Babak Pertama 0-1

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor babak pertama 0-1 menjadi hasil Ajax vs Bayern Munchen dalam laga lanjutan kompetisi Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (13/12/2018).
tirto.id - Hasil pertandingan Ajax vs Bayern Munchen dalam lanjutan kompetisi Liga Champions pekan terakhir Grup E berkesudahan dengan skor 0-1 pada babak pertama. Bertempat di Johan Cruyff Arena pada Kamis (13/12/2018), gol Bayern Munchen dicetak oleh Robert Lewandowski pada menit 13.

Pelatih tuan rumah, Erik ten Hag menurunkan formasi 4-3-3 dengan menempatkan Matthijs de Ligt dan Maximilian Wober sebagai duet bek tengah. Artinya, Daley Blind digeser ke posisi gelandang tengah menemani Frenkie de Jong dan Donny van de Beek. Kembalinya Hakim Ziyech dari cedera juga menambah kekuatan lini serang Ajax.

Sementara Niko Kovac selaku pelatih Bayern Munchen kembali menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan mempercayakan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak. Serge Gnabry turun menggantikan Arjen Robben yang mengalami cedera. Selain itu, Niklas Sule kembali dipercaya sebagai tandem Jerome Boateng di posisi bek tengah.



Kedua kesebelasan langsung memperagakan laga terbuka dan saling serang pada awal babak pertama. Pada menit ke-3 Serge Gnabry sudah mengancam gawang Andre Onana lewat sepakan luar kotak penaltinya kendati masih sedikit melenceng dari sasaran.

Setelahnya, tuan rumah tak tinggal diam. Kerja sama Donny van de Beek dan David Neres diakhiri sepakan tepat ke arah gawang oleh David Neres. Akan tetapi tendangan Neres masih terlalu lemah di hadapan Manuel Neuer.

Pada menit 11, Serge Gnabry kembali memiliki peluang emas untuk mencetak gol. Berawal dari kesalahan Nicolas Tagliafico, pemain internasional Jerman itu berhasil menyerobot bola dan menggiring hingga depan kotak penalti. Kendati tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Andre Onana, Gnabry tak mampu menaklukkan Onana. Bola hasil sepakannya masih mampu ditepis Onana dengan cemerlang.

Dua menit berselang Bayern Munchen berhasil membuka keunggulan melalui sepakan Robert Lewandowski. Berawal dari sepak pojok pendek Thiago Alcantara, bola akhirnya jatuh di kaki Serge Gnabry yang kemudian langsung mengirim umpan terobosan kepada Robert Lewandowski di kotak penalti. Tanpa pengawalan, sepakan keras bomber Polandia itu menggetarkan jala gawang tuan rumah.

Ajax merespons pada menit 26 melalui tandukan Donny van de Beek. Menerima umpan tarik terukur dari David Neres dari sisi kiri pertahanan Die Bayern di depan kotak penalti, tandukan Van de Beek masih tepat mengarah kepada Manuel Neuer.

Memasuki menit 40, tuan rumah yang tampil lebih dominan dalam penguasaan bola mencapai 61% mencatat 3 tendangan on goal. Sementara tim tamu tampil lebih efisien dengan melakukan 5 percobaan tepat sasaran hanya dari 39% penguasaan bola.

Kendati terus mencoba menekan pertahanan Bayern Munchen pada babak pertama. Keunggulan 0-1 Bayern tetap bertahan hingga 45 menit awal berakhir.

Susunan Pemain

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Maximilian Wober, Nicolas Tagliafico; Frenkie de Jong, Daley Blind, Donny van de Beek; Hakim Ziyech, David Neres, Dusan Tadic.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Rafinha, Jerome Boateng, Niklas Sule, David Alaba; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Serge Gnabry, Thomas Muller, Franck Ribery; Robert Lewandowski.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan