Liga Italia

Hasil AC Milan vs SPAL Skor Akhir 2-1, Gusur AS Roma di Klasemen

Oleh: Gilang Ramadhan - 30 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-1 menjadi hasil AC Milan vs SPAL dalam pertandingan lanjutan pekan 19 Liga Italia Serie A 2018/2019 pada Minggu (30/12/2018).
tirto.id - Hasil pertandingan AC Milan vs SPAL dalam lanjutan kompetisi Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan 19 berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Bermain di Stadion San Siro pada Minggu (30/12/2018) pukul 02.30 WIB, gol penentu kemenangan AC Milan dicetak Gonzalo Higuain pada menit 64 usai bermain 1-1 hingga babak pertama usai. AC Milan bermain dengan 10 pemain pada menit 89 akibat Suso menerima kartu kuning kedua.

Gennaro Gattuso, selaku pelatih AC Milan, menurunkan formasi 4-3-3 dengan Suso, Gonzalo Higuain dan Samuel Castillejo diplot sebagai trio penyerang. Hakan Calhanoglu digeser ke lini tengah bersama Franck Kessie dan Tiemoue Bakayoko. Sementara bek kanan kali ini ditempati oleh Ignazio Abate.

Di pihak lawan, SPAL arahan Leonardo Semplici, menggunakan formasi 3 bek dengan skema 3-5-2. Mantan penyerang AC Milan, Andrea Petagna turun menjadi tandem sang kapten, Mirco Antenucci di lini serang. Kevin Bonifazi dan Thiago Cionek masih dipercaya menjadi gerbang lini pertahanan. Sementara Jasmin Kurtic akan menjadi komando serangan SPAL dari lini tengah.



Tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang pada awal babak pertama. Pada menit 9, Alessio Romagnoli sempat mencetak gol lewat upayanya dari jarak dekat. Namun wasit menganggap bola sontekan Romagnoli menyentuh Tiemoue Bakayoko yang berada di posisi offside.

Hanya berselang empat menit, tepatnya menit 13, AC Milan justru tertinggal lebih dahulu. Mantan penyerang mereka, Andrea Petagna, sukses membobol gawang Gianluigi Donnarumma lewat sepakan mendatarnya. Bola yang sempat menyentuh kaki Romagnolo membuat sang kiper kesulitan membendungnya. Skor 1-0 untuk SPAL.

Tak berselang lama, tepatnya menit 16, AC Milan sukses menyamakan kedudukan. Kali ini Samuel Castillejo mencatatkan namanya di papan skor usai melakukan sepakan keras memanfaatkan kecerobohan Filippo Costa. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, tuan rumah terus berupaya mencetak gol penentu kemenangan. Sementara tim tamu sesekali melakukan serangan balik cepat yang membuat lini pertahanan tuan rumah keteteran.

Ketika pertandingan memasuki menit 64, Gonzalo Higuain berhasil membawa Milan unggul. Menyambut umpan Hakan Calhanoglu di dalam kotak penalti, Higuain dengan baik mengontrol bola sebelum melepaskan sepakan keras ke arah gawang yang dijaga Alfres Gomis. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

AC Milan tampil sangat percaya diri usai terciptanya gol kedua tersebut. Akan tetapi mereka harus bermain dengan 10 pemain usai Suso menerima kartu kuning kedua pada menit 89, menyusul pelanggarannya terhadap Mirko Valdifiori.

Kendati unggul jumlah pemain di sisa waktu yang terhitung sedikit, SPAL tidak mampu mencetak gol penyama kedudukan meskipun terus melakukan serangan. Skor 2-1 untuk kemenangan AC Milan bertahan. Hasil ini membuat AC Milan menggusur AS Roma di posisi kelima klasemen sementara.

Secara statistik, kedua kesebelasan sama-sama mencatatkan 4 tendangan on goal. Bedanya, AC Milan dari 10 percobaan dari 64% penguasaan bola sementara SPAL hanya dari 8 percobaan mencetak gol. Ini juga menjadi kemenangan pertama AC Milan dalam 5 laga terakhir di Serie A.


Susunan Pemain

AC MILAN (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Ignazio Abate, Cristian Zapata, Alessio Romagnoli (c), Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Hakan Calhanoglu; Suso, Gonzalo Higuain, Samu Castillejo

SPAL (3-5-2): Alfred Gomis; Thiago Cionek, Felipe, Kevin Bonifazi; Lorenzo Dickmann, Simone Missiroli, Pasquale Schiattarella, Jasmin Kurtic, Filippo Costa; Andrea Petagna, Mirco Antenucci (c)

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan