Harta Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono Rp1,9 T

Oleh: Alfian Putra Abdi - 22 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sakti Wahyu Trenggono merupakan satu di antara enam menteri baru dengan kekayaan jumbo di atas Rp1 triliun.
tirto.id - Sakti Wahyu Trenggono sudah tidak lagi menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Presiden Joko Widodo menunjuk Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan per 22 Desember 2020.

Ia menggantikan Edhy Prabowo yang sedang meringkuk di KPK akibat korupsi benur lobster. Pengumumannya sebagai menteri diumumkan Jokowi. Total ada enam menteri baru.

"Yang kelima bapak sakti wahyu Trenggono. Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan. Dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri kelautan dan perikanan," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers debut perombakan kabinet di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 16 Januari 2020, Trenggono memiliki catatan kekayaan sebesar Rp 1.947.253.281.442.

Ia memiliki 42 aset berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Sragen, Boyolali, dan Bekasi. Bila dikonversi total tanah dan bangunan senilai Rp54 miliar.

Pria kelahiran Semarang 51 tahun silam itu memiliki aset berupa transportasi dan mesin senilai Rp6 miliar berupa mobil Land Rover, Audi RS Sedan, Toyota Vellfire, Audi Q3 Jeep, Mercedes Benz dan Motor Honda Beat.

Harta bergerak Trenggono lainnya sebesar Rp 6 miliar. Sedangkan harta berupa surat berharga sebesar Rp1,6 triliun. Aset berupa kas dan setara kas sebesar Rp141 miliar dan harta lainnya sebesar Rp61 miliar.

Pada Pilpres 2019, Trenggono merupakan Tim Sukses Jokowi-Maruf. Jabatannya bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN).

Sebelum ditunjuk sebagai pendamping Menhan Prabowo Subianto, nama Trenggono tersohor sebagai bos sektor telekomunikasi dari PT Solusindo Kreasi Pratama dan PT Tower Bersama Infrastruktur.

Ia juga pendiri PT Teknologi Riset Global Investama sejak 2007, bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e-commerce.


Baca juga artikel terkait WAHYU SAKTI TRENGGONO atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight