Hari Radang Sendi Sedunia 12 Oktober 2021 Kenali Penyakit Arthritis

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 11 Okt 2021 14:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hari Radang Sendi Sedunia 2021: kenali penyakit radang sendi.
tirto.id - Hari Radang Sendi Sedunia 2021 atau World Arthritis Day 2021 pertama kali diperingati pada 1996 oleh Arthritis and Rheumatism International (ARI) dan menjadi peringatan tahunan setiap tanggal 12 Oktober.

Orang-orang dengan penyakit rematik dan muskuloskeletal (RMD) dari seluruh dunia dapat bergabung bersama untuk membuat suara mereka didengar pada hari peringatan ini.

Tujuan dari Hari Arthritis Sedunia adalah untuk:

- Meningkatkan kesadaran soal radang sendi di antara komunitas medis, orang-orang dengan RMD dan masyarakat umum.

- Mempengaruhi kebijakan publik dengan membuat pengambil keputusan sadar akan beban RMD dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meringankannya.

- Memastikan semua orang dengan RMD dan pengasuh mereka mengetahui jaringan dukungan luas yang tersedia bagi mereka.


Kenali Penyakit Radang Sendi


Arthritis adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi sendi atau jaringan di sekitar sendi. Ada lebih dari 100 jenis radang sendi.

Sebagian besar jenis radang sendi menyebabkan rasa sakit dan kekakuan di dalam dan di sekitar sendi atau sendi yang terkena. Beberapa jenis arthritis, seperti rheumatoid arthritis, juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan beberapa organ dalam tubuh.

Dilansir CDC, bentuk radang sendi yang paling umum di Amerika Serikat adalah osteoartritis. Jenis arthritis umum lainnya termasuk rheumatoid arthritis, asam urat, dan fibromyalgia.

Berbagai jenis radang sendi memiliki gejala yang berbeda. Nyeri dan kekakuan di dalam dan sekitar satu atau lebih sendi adalah gejala umum untuk sebagian besar jenis radang sendi.

Tergantung pada jenis radang sendi, gejalanya dapat berkembang secara tiba-tiba atau bertahap seiring waktu. Gejala mungkin datang dan pergi, atau bertahan dari waktu ke waktu.

Para ahli tidak mengetahui penyebab berbagai bentuk radang sendi. Namun, asam urat disebabkan oleh terlalu banyak kandungan asam urat dalam tubuh. Kadang-kadang infeksi tertentu juga dapat menyebabkan radang sendi.

Para ilmuwan sedang mempelajari peran faktor-faktor seperti genetika, gaya hidup, dan lingkungan dalam berbagai jenis radang sendi untuk mempelajari lebih banyak kemungkinan penyebab dan faktor risiko.


Radang Sendi pada Anak-Anak


Yang perlu menjadi perhatian, tak hanya orang tua, anak-anak pun bisa terkena radang sendi. Jenis arthritis yang paling umum ditemukan pada anak-anak adalah juvenile idiopathic arthritis (JIA), juga dikenal sebagai arthritis masa kanak-kanak atau rheumatoid arthritis remaja.

Tanda dan gejala radang sendi masa kanak-kanak mungkin termasuk:
  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan
  • Demam
  • Kekakuan
  • Ruam
  • Kelelahan (kelelahan)
  • Kehilangan selera makan
  • Peradangan mata
  • Kesulitan dengan aktivitas hidup sehari-hari seperti berjalan, berpakaian, dan bermain.
Artritis pada anak menyebabkan kerusakan permanen pada sendi atau sendi yang terkena. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat penting untuk mencegah atau meminimalkan kerusakan permanen.


Baca juga artikel terkait HARI RADANG SENDI SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight