Hari Pertama Latihan, Zohri Bagikan Oleh-oleh dari Finlandia

Oleh: Felix Nathaniel - 20 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Lalu Muhammad Zohri adalah atlet lari yang berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia.
tirto.id - Lalu Muhammad Zohri mengawali hari latihannya dengan memberikan hadiah kepada rekan-rekannya berupa makanan ringan dari Finlandia. Ini adalah kali pertama Zohri mengikuti latihan sekembalinya dari Finlandia.

Zohri kembali ke Indonesia pada hari Selasa (17/7/2018). Tak lama setelah ia dijadwalkan tiba pada pukul 22.00, Zohri lanjut melakukan konferensi pers di bandara.

"Memang, ini hari pertama Zohri resmi latihan," kata pelatih sprint putra Asian Games Eni Sumartoyo kepada Tirto hari Jumat (20/7/2018) di Stadion Madya, GBK, Senayan.

Zohri dan kawan-kawan atlet Asian Games cabang sprint menyudahi latihan yang sudah berjalan sekitar dua jam. Setelah latihan berakhir, Zohri memberikan oleh-oleh kepada rekan-rekannya.

Zohri membawa coklat berukuran sekitar 20cm x 20cm. Teman-teman sempat terkejut dengan oleh-oleh yang dibawa Zohri. Mereka pikir, coklat tersebut berukuran raksasa. Namun, setelah dibuka, coklat itu terbagi dalam beberapa bagian.

"Yah ketipu," ujar Eni sambil diiringi tawa pemain lainnya.


Selain membawa coklat, Zohri juga membawa beragam biskuit manis. Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung pun tak mau ketinggalan, ia ikut menikmati suguhan dari Zohri sambil bercanda.

"Lemak semua itu, lari lagi satu putaran," katanya sambil tertawa.

Semenjak kembali dari Finlandia, Zohri hanya sempat latihan ringan di kawasan Hotel Atlet, Century.

Setelah itu, ia mengadakan konferensi pers sekali lagi. Namun konferensi pers itu terhenti lantaran Zohri kelelahan. Ia pun ikut dalam sejumlah wawancara di stasiun TV.

Ketika ditanya perihal wawancara lagi untuk Zohri, Eni mengatakan anak didiknya sudah harus fokus di Asian Games.

"Tidak boleh wawancara di luar stadion," tegasnya.


Atlet lari asal Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia, pada Rabu (11/7/2018).

Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik, lebih baik ketimbang juara dua dan tiga yang sama-sama dari Amerika Serikat, Anthony Schwartz (10,22 detik) dan Eric Harrison (10,22 detik).

Zohri bukan cuma jadi yang terbaik malam itu, ia juga sukses memecahkan berbagai rekor. Ia adalah orang Indonesia pertama yang membawa emas dalam kejuaraan itu.

Ia juga mengalahkan rekornya sendiri pada awal tahun lalu di Jakarta. Ketika itu Zohri mencatatkan angka 10,25 detik. Yang lebih hebat, dengan catatan waktunya, Zohri sukses jadi atlet lari junior Indonesia tercepat sepanjang masa.



Baca juga artikel terkait ATLET ATLETIK atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto