Hari Kesehatan Nasional HKN 2021: Link Download Logo, Tema, Sejarah

Penulis: Yulaika Ramadhani, tirto.id - 11 Nov 2021 08:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Logo dan tema Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021 beserta link download versi PDF.
tirto.id - Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Indonesia diperingati setiap tanggal 12 November. Tahun ini adalah peringatan HKN ke-57. Tema Hari Kesehatan Nasional 2021 adalah "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku".

Logo HKN 2021

Visual logo berbentuk angka 57 sebagai bentuk peringatan 57 Tahun Hari Kesehatan Nasional Tahun 2021.

Arti logo HKN 2021 menggambarkan semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong elemen kesehatan dan masyarakat dalam melawan pandemi COVD-19.

Sebagaimana dikutip laman Kemenkes, kolaborasi ini terpusat kepada Vaksinasi Nasional yang akhirnya membentuk Herd Immunity yang merata ke pelosok sehingga mewujudkan Indonesia yang sehat, lepas dari pandemi COVID-19 dan terus tumbuh Selain 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) maka saat ini ditambahkan Meghindari Kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sejarah Hari Kesehatan Nasional

Sejarah Hari Kesehatan Nasional diperingati pertama kali pada 12 November 1964 untuk mengingat keberhasilan pemberantasan malaria, demikian dilansir Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Mulanya, pencetusan Hari Kesehatan Nasional berawal pada tahun 1950-an, ketika penyakit malaria banyak diderita masyarakat indonesia. Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria. Karena itulah, pemerintah berupaya melakukan pemberantasan malaria atau malaria eradication di seluruh penjuru Tanah Air.
Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung.

Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Ke-1 RI Sukarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan penyemprotan DDT juga dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Lima tahun kemudian, lebih kurang 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Karena itu, pada tanggal 12 November 1964, keberhasilan pemberantasan malaria tersebut diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama.

Hal inilah yang menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

Link Download Logo Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021

Berikut adalah link untuk mengunduh logo HKN 2021:

Download Logo dan Tema HKN 2021 format PDF.



Baca juga artikel terkait HARI KESEHATAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yantina Debora

DarkLight