Advertorial

Hari Ini! BTS di Waktu Indonesia Belanja

Oleh: Advertorial - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berkat Tokopedia, untuk pertama kalinya BTS bakal tampil di stasiun televisi Indonesia.
tirto.id - Pada 2018, Namogoo, sebuah situs yang mempelajari perilaku belanja online, membagi hasil studi mereka terkait perilaku belanja online di Amerika Serikat. Ini termasuk kapan waktu yang sering digunakan untuk belanja, hingga apa yang membuat konsumen membatalkan belanjaan mereka.

Hasil studi ini cukup mengejutkan banyak orang, sebab lebih dari 57% pembeli melakukan transaksi ketika sedang bekerja. Baru setelah itu, para pembeli melakukan belanja online ketika melakukan pekerjaan rumah, semisal memasak.

Selain itu, hasil studi Namogoo mengungkapkan apa-apa yang membuat konsumen tertarik untuk belanja. Sebagian besar konsumen beranggapan gambar produk yang jelas membuat mereka yakin untuk berbelanja, kemudian diikuti oleh review produk, dan deskripsi produk.

Yang cukup bisa dipahami adalah apa yang membuat konsumen membatalkan belanjanya: ongkos kirim alias ongkir. Apa boleh buat, bagi kebanyakan konsumen, urusan ongkir terkadang memberatkan.

Ini tidak terjadi di Amerika Serikat saja, tapi juga berlaku di Indonesia. Konsumen sering kali mendapati kenyataan bahwa ongkir lebih mahal ketimbang harga barang. Apalagi jika pesanan harus dikirim ke luar pulau. Sudah pasti ongkirnya akan melambung tinggi.

Dalam kajian akademik, soal pengaruh ongkir terhadap keputusan belanja pernah diteliti oleh Hutomo Atman Maulana dan Yunelly Asra (2019). Di jurnal berjudul “Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian pada e-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan”, Hutomo dan Yunelly menyebut bahwa ongkir mampu mempengaruhi generasi Z di perdesaan untuk melakukan pembelian.

“Promosi gratis ongkos kirim memberikan kontribusi sebesar 19,3 persen terhadap keputusan pembelian,” tulis mereka.

Banyak Promo, Bebas Ongkir

Tokopedia memahami bahwa orang Indonesia amat membutuhkan e-commerce untuk mempermudah kebutuhan hidup. Apalagi, menurut data MarkPlus Inc, belakangan ini pembelian online melonjak hingga enam kali lipat. Karena itu, Tokopedia mengadakan banyak program belanja dan promo agar memudahkan para konsumen untuk belanja online. Salah satunya melalui program Waktu Indonesia Belanja.

Waktu Indonesia Belanja
Waktu Indonesia Belanja. FOTO/Tokopedia


Marketplace terbesar di Indonesia dengan kunjungan 137,2 juta per bulan ini akan menyuguhkan program interaktif yang akan tayang di Indosiar, SCTV, dan kanal video streaming Tokopedia Play, pada 29 Juli 2020 mulai pukul 20.00 WIB. Acara televisi Waktu Indonesia Belanja akan dibawakan oleh Raffi Ahmad, Luna Maya, dan Tiara Andini.

Program ini merupakan gabungan antara acara belanja dan hiburan. Dari segi belanja, konsumen akan mendapat banyak promo dan aneka keuntungan lain. Para penonton acara televisi ini juga bisa mendapatkan hadiah menarik termasuk hadiah utama senilai Rp10 juta melalui permainan Tap Tap Kotak yang berlangsung selama acara.

Penonton juga akan dipuaskan oleh penampilan para musisi populer seperti Raisa, NOAH, Wali, Weird Genius, dan, ini yang istimewa: Bangtan Boys alias BTS, grup mega bintang global asal Korea Selatan sekaligus Brand Ambassador Tokopedia. Ini adalah kali pertama BTS tampil di stasiun televisi Indonesia.

Program Waktu Indonesia Belanja akan berlangsung sejak 25 Juli hingga 31 Juli. Program besar ini menawarkan banyak promo seperti Kejar Diskon di Bawah Rp99.000, Cashback Special, hingga Bebas Ongkir Sepuasnya.

Yang membedakan Waktu Indonesia Belanja tahun lalu dengan tahun ini, program tahun ini akan menyuguhkan promo dalam kategori yang berbeda pada hari yang berbeda pula. Pada 29 Juli, Tokopedia memberikan promo besar untuk kategori kebutuhan rumah serta kebutuhan ibu dan bayi. Lalu pada 30 Juli, giliran produk fashion yang mendapatkan banyak promo. Dan pada hari terakhir, 31 Juli, promo akan diberikan untuk produk-produk otomotif, olahraga, dan hobi.

Tentu yang tak boleh dilewatkan adalah promo Bebas Ongkir Sepuasnya. Tokopedia sadar bahwa ongkir adalah salah satu faktor yang memberatkan pembeli untuk saat berbelanja online. Karena itu, Tokopedia memberikan promo ini untuk produk-produk berlambangkan Bebas Ongkir Sepuasnya. Istimewanya, promo ini berlaku untuk pengiriman ke seluruh Indonesia.

Jadi, sudah siap belanja apa hari ini?
DarkLight