Hari Guru Nasional dan Kenapa Guru Jadi profesi yang Banyak Dicari?

Oleh: Yonada Nancy - 25 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia, menurut Nelson Mandela.
tirto.id - Bicara soal dunia pendidikan tidak luput dari peran guru yang terlibat di dalamnya. Hal ini membuat guru menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di dunia.

Guru bertanggung jawab untuk menyampaikan "dasar-dasar baru" bagi calon-calon penerus bangsa.

Guru berperan dalam membentuk pemimpin masa depan dengan cara terbaik bagi masyarakat untuk membangun generasi masa depan yang positif lewat pendidikan.

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia," kata Nelson Mandela.

Pengetahuan dan pendidikan adalah dasar dari semua hal yang dapat dicapai dalam hidup.

Pendidikan, baik formal dan informal, membantu orang untuk dapat memahami berbagai pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi bagian dari masyarakat. Pendidikan juga membantu masyarakat untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga tercipta masyarakat yang dapat hidup dalam harmoni, mengormati hak, hukum, dan aturan.

Tidak heran, mengapa guru menjadi salah satu pekerjaan yang paling diinginkan. Dilansir dari The Balance Careers bahkan menyebutkan Guru menjadi salah satu dari 15 pekerjaan impian yang diinginkan anak-anak, setelah penari, aktor, dan musisi.

Meski mengajar adalah pekerjaan yang sulit, tetapi guru adalah pekerjaan yang membuat seseorang dapat memberikan pengaruh paling besar dalam kehidupan orang lain.

25 November merupakan peringatan Hari Guru Nasional. Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, tahun 2020 ini peringatan Hari Guru Nasional mengambil tema “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar."

Perayaan akan sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengingat Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini akan diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara perigatan Hari Guru Nasional hanya boleh dilakukan pada wilayah zona hijau dan kuning dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Sementara pada zona oranye dan merah, upacara bendera akan dilakukan melalui siaran langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Meski dalam kondisi serba terbatas, peringatan Hari Guru Nasional ini menjadi hari yang tepat untuk memperingati pentingnya peran guru bagi bangsa.


Baca juga artikel terkait GURU atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight