Hari Guru Nasional: 10 Karakter Guru Inspiratif dari Film Hollywood

Oleh: Desika Pemita - 24 November 2020
Dibaca Normal 4 menit
Hari Guru Nasional, daftar 10 karakter guru inspiratif dari film Hollywood: Ada X-Men, Star Wars, dan Harry Potter.
tirto.id - Guru layak dianggap sebagai manusia super. Tanpa lelah, guru mengajarkan anak didiknya pembelajaran dan juga arti kehidupan. Bahkan, ada beberapa guru yang rela tak digaji untuk mengajar.

Sosok guru diabadikan lewat film. Banyak film mengangkat guru sebagai karakter utamanya maupun sebagai pendamping untuk membangun jalannya cerita. Beberapa di antaranya menjadi sumber inspirasi bagi penonton.

Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, berikut ini 10 karakter guru dari film Hollywood yang layak dijadikan panutan seperti dilansir Screen Rant:

1. John Kimble di Kindergarten Cop (1990)

Arnold Schwarzenegger
Arnold Schwarzenegger. [Foto/getty images]


Film yang dirilis 1990 silam ini dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Dia berperan sebagai detektif polisi yang menyamar menjadi guru taman kanak-kanak. Ceritanya dibalut dengan komedi, tetapi juga menyentuh hati.

Awalnya, Schwarzenegger yang berperan sebagai John Kimble, sangat kesal saat diminta menyamar. Anak-anak yang diajarnya takut melihat sosoknya yang tinggi dan besar.

Namun John Kimble berusaha mengambil hati murid-murid dengan caranya yang tak bisa. Dia pun mulai menikmati perannya sebagai guru. Dia bahkan menggunakan musang peliharaannya sebagai maskot kelas.

2. Sean Maguire dari Good Will Hunting (1997)

Good Will Hunting
Poster Film Good Will Hunting. wikimedia commons/fair use


Diperankan oleh Robin Williams, Sean Maguire adalah profesor psikologi dan konselor paruh waktu di Bunker Hill Community College.

Dia terkesan karena periang, jujur, dan cerdas. Saat dia berurusan dengan Will Hunting, yang pintar matematika, dia menawarkan kebijaksanaan untuk mengatasi masalah psikologis yang dialaminya.

Sean punya pandangan yang unik saat melihat dunia. Dia berusaha membantu dan menyampaikannya kepada orang lain. Dia sangat peduli pada Will, yang bisa menjadi jenius tetapi menolak semua peluang.

3. Sharon Norbury dari Mean Girls (2004)

Lindsay Lohan
Lindsay Lohan menghadiri pesta perdana seri 'Lindsay Lohan's Beach Club' di Magic Hour Rooftop di The Moxy Times Square pada hari Senin, 7 Januari 2019, di New York. Andy Kropa / Invision / AP


Tidak mudah untuk bertahan di Sekolah Menengah North Shore di Mean Girls, dikenal dengan kondisi sekolahnya yang penuh dengan bullying.

Kondisi itu berlaku untuk siswa dan guru. Guru Kalkulus Sharon Norbury tangguh untuk tetap bertahan. Selain mengajar, dia adalah seorang bartender.

Dia jenaka dan sarkastik. Dia juga pintar karena bisa membaca kebohongan Cady (diperankan Lindsay Lohan) yang gagal dalam tes matematika dan menawarkan kata-kata bijak yang bagus seperti, "Aku tahu memiliki pacar mungkin tampak seperti satu-satunya hal yang penting bagimu saat ini, tetapi kamu tidak perlu membodohi dirimu sendiri agar pria menyukaimu."

4. Dumbledore dari Harry Potter (2001)

Harry Potter Hari FIlm
Harry Potter. Foto/warner bros


Albus Dumbledore, sosok kepala sekolah Hogwarts di film Harry Potter. Dumbledore adalah guru yang sempurna, diselimuti misteri, tapi sangat bijaksana. Meski sangat mahir dengan kemampuan kekuatan yang besar, Dumbledore tak pernah menyombongkannya.

Dia juga mengajarkan Harry Potter dalam mengembangkan ilmu sihirnya. Tentu saja, selalu mengingatkan untuk menggunakan kekuatannya dengan bijak.

Hal paling penting lainnya yaitu dia melindungi murid-muridnya dari bahaya. Bahkan, saat ada penyerangan ke sekolah Hogwarts, dia rela mengorbankan dirinya agar anak-anak didiknya selamat.

5. Tuan Miyagi di The Karate Kid (1984)

Mr Miyagi adalah salah satu, bukan karakter yang paling berkesan film yang dirilis 1984. Dia adalah seorang Guru Karate Okinawa. Dia tampak kuat dan menakutkan, tetapi juga memiliki hati yang baik.

Dia membela yang lemah, seperti saat anak-anak yang diserang oleh para pengganggu. Dia juga kreatif, mengubah pekerjaan rumah sederhana menjadi pelajaran pertempuran.

6. Dewey Finn dari School of Rock (2003)

Dewey Finn digambarkan sebagai guru yang menyenangkan. Dia ditendang keluar dari band rocknya sendiri karena diduga melakukan penipuan. Dia adalah seorang kutu buku dalam bidang musik besar.

Dia merupakan tipe guru yang bisa membuat murid-muridnya juga merasakan gairah itu, meski cara yang digunakan tampak tak biasa. Salah satunya, dia mengajarkan siswa untuk menjadi sedikit pemberontak untuk menunjukkan kecintaan mereka pada musik.

7. John Keating dari Dead Poet's Society (1989)

Guru inspiratif lainnya yang diperankan oleh Robin Williams, sebagai John Keating. Dia digambarkan sebagai seorang guru pemberani. Dia mengajari murid-muridnya untuk memberontak demi kebaikan.

Dia juga sangat bersemangat, menjadikan dirinya sebagai guru yang membuat murid-muridnya menurut. Dia mendorong siswa untuk membela diri mereka sendiri. Di akhir film, dia dipecat karena tindakannya dianggap melanggar aturan.

Namun semua siswa memberi hormat kepadanya, berterima kasih atas semua yang dia ajarkan kepada mereka.

8. Charles Xavier dari X-Men

Juga dikenal sebagai Profesor X yang diperankan Patrick Stewart, Charles Xavier adalah pendiri Sekolah Xavier untuk anak-anak mutan berbakat.

Tanggung jawab yang diemban Professor X sangat besar. Selain mengajar, dia juga harus melindungi anak-anak mutan dari bahaya.

Mutan sering ditolak oleh masyarakat dan tidak punya tempat tujuan. Sekolah yang dibuatnya menjadi tempat bagi kaum muda untuk belajar mengendalikan kekuatan mereka dan menggunakannya untuk kebaikan.

Dia bekerja untuk menciptakan perdamaian antara manusia dan mutan.

9. Yoda di Star Wars

Film Star Wars
Film Star Wars: The Force Awakens. FOTO/starwars.com


Meski bukan penggemar Star Wars, sosok Yoda sudah tak asing lagi. Dia adalah Jedi Master dan guru Luke Skywalker. Sosoknya terlihat seperti alien tua dan dan tabah. Padahal, dia sangat kuat.

Selain mengajarkan Luke dengan kekuatannya, Yoda juga menjadi pelindung. Dia melindungi dan mengawal Luke selama 19 tahun.

Hal paling penting yaitu Yoda membimbing Luke di jalan yang benar, dan selalu percaya dengan kekuatan dalam dirinya.

10. Miss Honey dari Matilda (1996)

Miss Honey di film Matilda juga menjadi sosok guru terbaik sepanjang masa. Selain sebagai guru, dia juga menjadikan dirinya sebagai ibu untuk Matilda.

Dia juga percaya dengan kekuatan Matilda. Di saat semua orang menyudutkan Matilda, Miss Honey bersikap objektif, percaya dengan anak didiknya. Dia juga membela dan melindungi Matilda.


Baca juga artikel terkait HARI GURU NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Dhita Koesno
DarkLight