Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 2022: Cara Peringati pada 23 April

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 22 Apr 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara memperingati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 23 April 2022.
tirto.id - Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia (World Book and Copyright Day) adalah perayaan untuk mempromosikan kenikmatan buku dan membaca.

Setiap tahun, pada tanggal 23 April, perayaan diadakan di seluruh dunia untuk mengenali ruang lingkup buku - penghubung antara masa lalu dan masa depan, jembatan antar generasi dan lintas budaya.

Mengapa Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia diperingati pada 23 April? Tanggal ini hari simbolis dalam sastra dunia. Ini adalah tanggal di mana beberapa penulis terkemuka, William Shakespeare, Miguel de Cervantes dan Inca Garcilaso de la Vega meninggal.

Tanggal ini juga hari diadakannya Konferensi Umum UNESCO di Paris pada tahun 1995, untuk memberikan penghormatan di seluruh dunia kepada buku dan penulis.

"Dengan memperjuangkan buku dan hak cipta, UNESCO membela kreativitas, keragaman, dan akses yang setara ke pengetahuan, dengan pekerjaan di seluruh bidang," tulis UNESCO.


Cara Memperingati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 2022


Jika Anda ingin ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan, dilansir Varsity Tutors.

1. Hadiri acara khusus

Biasanya ada beberapa agenda khusus yang diadakan saat Hari Buku ini. Kunjungi toko buku lokal dan kenalkan budaya membaca pada anak Anda.

Liburan adalah kesempatan besar untuk memperkenalkan pentingnya buku dan membaca kepada anak Anda, atau untuk memulai tradisi baru dalam keluarga Anda.

Meskipun toko buku yang lebih besar dapat mengadakan berbagai acara, Anda juga dapat terhubung dengan penjual buku independen untuk mempelajari tentang penawaran mereka.

Infografik SC Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia
Infografik SC Hari Buku & Hak Cipta Sedunia. tirto.id/Sabit


2. Mengunjungi perpustakaan

Anda juga bisa mengunjungi perpustakaan terdekat. Salah satu aspek yang dirayakan dari Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia adalah peran perpustakaan dalam membuat buku dapat diakses dan dinikmati oleh banyak orang.

Kunjungi perpustakaan setempat Anda pada tanggal 23 April, meskipun perpustakaan tersebut tidak mengadakan acara khusus. Anda dapat membuat acara khusus Anda sendiri dengan menghabiskan hari dengan buku.

3. Membaca

Mungkin cara paling mudah untuk merayakan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia adalah dengan membaca buku. Lihat buku baru dari perpustakaan setempat, beli buku dari penjual buku lokal, atau baca ulang buku favorit.

Jika Anda memiliki hari yang sangat sibuk pada tanggal 23 April, membaca sebagian buku bersama keluarga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengakhiri hari dan merayakan liburan.

Ketika Anda membaca buku, Anda menjadi bagian dari transfer informasi dan budaya yang sangat penting bagi sejarah manusia.

Anda juga mendukung karya penulis yang mengabdikan diri pada proses pertukaran informasi dan budaya. Selamat Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia!


Baca juga artikel terkait HARI BUKU DAN HAK CIPTA SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight