Hari Ayah Nasional: Daftar Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama

Penulis: Dhita Koesno - 12 Nov 2021 07:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada 9 kegiatan Hari Ayah yang dapat dilakukan di rumah bersama keluarga. Berikut daftar aktivitas tersebut untuk merayakan Hari Ayah Nasional 12 November.
tirto.id - Kegiatan Hari Ayah 12 November dapat diisi dengan aktivitas sederhana, tetapi bermakna. Ayah, istri, dan anak bisa melakukan kegiatan keluarga yang menarik di rumah, untuk memperingati Hari Ayah Nasional.

Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dan peringatan ini dilakukan untuk menghormati sosok ayah dalam keluarga sebagai kepala rumah tangga dan pengaruhnya dalam masyarakat.

Para ayah tentu memiliki peran penting dalam membantu mempersiapkan anak-anaknya untuk hidup, menanamkan di dalamnya nilai-nilai penting untuk suatu hari menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, membumi, dan sukses.

Kehadiran seorang ayah dalam kehidupan anak juga penting untuk kesejahteraan dan tumbuh kembangnya. Ayah merupakan teladan bagi anak-anak mereka, baik menjadi teladan sebagai pekerja keras, pengabdian kepada keluarga, dan sosok imam dalam keluarga.

Melalui karakter, tekad, kekuatan, dan arahannya, ayah membimbing masa depan kita menuju kebahagiaan. Dengan demikian, tidak mengherankan jika penelitian semakin menunjukkan bahwa ayah yang terlibat dapat membantu menumbuhkan harga diri, kesuksesan di sekolah, empati, dan perilaku positif pada anak-anak mereka.

Selain ibu, ayah pun memainkan peran penting dalam membentuk masyarakat dan ayah juga memberikan teladan tentang bagaimana menjadi yang terbaik dalam setiap aspek kehidupan keluarganya.

Dalam rangka peringatan Hari Ayah Nasional, istri dan anak-anak bisa merayakan sosok ayah dalam hidup dengan melakukan aktivitas atau kegiatan keluarga yang menarik. Apa saja kegiatan tersebut?

Kegiatan Hari Ayah 12 November


Berikut daftar kegiatan yang bisa dilakukan bersama pada Hari Ayah Nasional dikutip dari situs Pathways dan Auckland for Kids:

1. Mengadakan Acara Keluarga di Luar Rumah

Mengadakan piknik bersama keluarga merupakan ide menarik, hanya saja di masa Pandemi COVID-19, pemerintah mengimbau warga untuk mengurangi aktivitas tersebut.

Namun tak perlu khawatir, karena ada cara lain yang bisa dilakukan dengan kondisi mirip piknik, seperti mengadakan barbeque di halaman rumah atau jika memiliki halaman yang luas bisa berkemah di taman sekitar rumah.

Beri anak Anda pekerjaan atau peran khusus dalam menyiapkan makanan yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. Anak akan senang bisa membantu menyiapkan makanan, seperti membuat sandwich, memilih beberapa buah yang berbeda untuk makanan, atau hanya menempatkan makanan ke dalam piring atau tempat makan.

Jika sedang memanggang, pastikan mereka menjauhi pemanggang saat dinyalakan.

2. Memberikan Ayah Sarapan di Tempat Tidur

Mulailah Hari Ayah dengan memberinya sarapan dan kopi buatan sendiri, kemudian antarkan ke tempat tidurnya sebelum ayah keluar kamar.

3. Bangun Sesuatu Bersama

Ayah dan anak bisa menciptakan suatu memori konkret dalam hal belajar membangun sesuatu bersama. Ini bisa menjadi proyek khusus yang dikerjakan ayah dan anak selama bertahun-tahun.

Contohnya bisa membangun sangkar burung untuk burung peliharaan, atau mungkin sesuatu yang digunakan di dalam rumah seperti unit rak mini untuk anak memajang mainannya.

Membangun taman atau kotak bunga luar ruangan adalah cara menyenangkan lainnya untuk menjadi kreatif dan konstruktif bersama ayah.

4. Nonton Film Bareng

Menonton film favorit lama ayah bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Anda bisa menambahkan beberapa camilan menyenangkan yang bertema film atau pilihan ayah.

Setelah itu, diskusikan tentang cerita dan karakternya. Ini adalah cara yang baik bagi anak Anda untuk berlatih mengingat detail dari masa lalu dan membantu membangun keterampilan mendongeng mereka.

5. Main Game

Jika Ayah Anda suka bermain Nintendo Switch atau game komputer, bergabunglah dalam sesi game keluarga dari game favoritnya, entah itu Pacman, Fortnite, Zelda, atau Mario.

Ingatlah untuk membiarkan ayah menang, lagipula ini adalah Hari Ayah.

6. Membuat Pertunjukan Kecil

Anak-anak bisa membuat pertunjukan di rumah hanya untuk Ayah. Entah mereka ingin bernyanyi, menari, melakukan trik sirkus, atau membuat pertunjukan boneka, mereka akan menemukan sesuatu untuk menghibur Ayahnya dan bersenang-senang dengan kegiatan ini.

7. Melihat Foto-Foto Lama

Sebagian besar dari kita tidak lagi mencetak semua foto yang diabadikaan. Tentu sangat menyenangkan melihat album foto lama keluarga dan mengenang foto-foto lama liburan dan acara lucu yang Anda nikmati bersama sebagai satu keluarga.

8. Adakan Pesta Karaoke Keluarga

Cari lagu favorit Ayah di Youtube untuk dinyanyikan bersama di rumah. Pastikan Anda meletakkan "karaoke" setelah nama lagu saat mencari dan Anda pasti akan menemukan sesuatu.

9. Membuatkan Makan Malam Favorit Ayah

Minta anak-anak membantu Anda memilih dan membuat makan malam favorit Ayah mereka. Atau jadikan perayaan yang lebih besar dan undang Kakek/nenek untuk bergabung secara online melalui Zoom atau video call untuk makan bersama keluarga (meskipun di rumah yang berbeda) untuk merayakan Hari Ayah.

Selamat Hari Ayah Nasional!


Baca juga artikel terkait HARI AYAH NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight