Hari Anak Nasional 2021: Cara Memperingati Saat Pandemi COVID-19

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 19 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Anak Nasional 2021: bagaimana cara memperingati di tengah pandemi?
tirto.id - Hari Anak Nasional 2021 akan tiba pada 23 Juli. Hari Anak tahun ini diperingati di tengah pandemi COVID-19. Lantas, bagaimana cara merayakannya? Tentu sulit untuk mengajak anak melakukan kegiatan di luar rumah pada masa pandemi ini.

Penyelenggaraan Acara Puncak HAN Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) akan dilaksanakan pada Jumat (23/7/2021), pukul 10.00 WIB - selesai.

Kegiatan dilakukan dengan memperhatikan kebijakan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pada semua kegiatan, termasuk kegiatan yang akan dilakukan secara virtual melalui media online.

Penyelenggaraan puncak acara akan dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan melalui Youtube. ID dan Password Acara Puncak tingkat Nasional akan diberikan H-1 sebelum acara dimulai melalui Dinas PPPA Prov/Kab/Kota.

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk merayakan Hari Anak Nasional ini, yaitu:

1. Mengikuti acara

Setiap Hari Anak, banyak acara yang digelar oleh berbagai komunitas atau lembaga. Akan ada banyak pilihan untuk Anda dan anak menghabiskan waktu di rumah dengan mengikuti acara virtual yang diadakan komunitas-komunitas ini. Anda juga bisa mengikuti vaksinasi COVID-19 untuk anak yang diadakan di Hari Anak Nasional.

2. Buat acara sendiri

Anda dapat menyelenggarakan acara Anda sendiri yang dimaksudkan untuk membantu orang dewasa menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak di rumah. Intinya adalah untuk menunjukkan kepada anak-anak betapa pentingnya membangun ikatan dengan masyarakat.

3. Berdonasi untuk anak

Selama masa pandemi ini, banyak anak yang kehilangan orang tua atau menjadi pasien COVID-19. Sumbangan kecil bisa sangat membantu dalam mengubah kehidupan seorang anak. Hari Anak Nasional adalah saat yang tepat bagi Anda untuk membantu mereka dengan donasi.

Mengapa Hari Anak Nasional Penting untuk Dirayakan


Dilansir National Today, setiap negara memiliki tanggal sendiri untuk merayakan Hari Anak. Di Indonesia, 23 Juli dipilih sebagai Hari Anak Nasional. Mengapa hari ini penting untuk dirayakan?

1. Menjamin hak anak

Dalam dokumen pemerintah, hak-hak yang diberikan kepada orang-orang pada umumnya dipahami sebagai hak orang dewasa. Namun, berkat PBB, pemerintah di seluruh dunia telah mengadopsi perjanjian yang menjamin hak anak untuk hidup, kesehatan, pendidikan, bermain, keluarga, perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, dan penindasan.

2. Anak adalah masa depan

Jika kita ingin memastikan masa depan yang stabil, aman, berkelanjutan untuk planet Bumi, hal itu dimulai dari anak-anak hari ini. Itulah mengapa pendidikan dini sangat penting.

3. Meningkatkan kesadaran

Mungkin mudah untuk mengabaikan masalah yang dihadapi anak-anak saat ini jika tidak terlihat dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hari Anak berupaya menyebarkan pengetahuan bahwa ada jutaan anak di seluruh dunia yang tidak memiliki akses ke pendidikan, perawatan kesehatan, atau kesempatan.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight