Harga Tiket Pesawat LCC Rute Domestik Turun Pekan Depan

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 20 Juni 2019
Darmin Nasution menyatakan harga tiket pesawat LCC rute domestik untuk jadwal penerbangan tertentu akan turun pada pekan depan.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan harga tiket pesawat low cost carrier atau LCC (maskapai berbiaya murah) untuk rute penerbangan domestik akan turun pada pekan depan.

Penurunan harga tiket pesawat ini bersamaan dengan langkah pemerintah dan operator bandara memberikan insentif kepada maskapai untuk menekan biaya operasional penerbangan mulai pekan depan.

"Untuk merespons harapan masyarakat, dan untuk menjaga keberlangsungan industri penerbangan, harga tiket domestik bakal dilakukan untuk penerbangan LCC domestik di jadwal penerbangan tertentu," kata Darmin.

Dia menyatakan hal itu saat memimpin Rapat Koordinasi tentang Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Angkutan Udara, di Gedung Ali Whardana, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).


Darmin menjelaskan tingginya biaya operasional penerbangan membuat maskapai kesulitan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Dia menyebut upaya pemerintah menurunkan biaya operasional penerbangan dan langkah maskapai memangkas harga harga tiket pesawat itu merupakan, "sharing pain."

"Ada beberapa langkah yang difinalisasi untuk membantu efisiensi biaya di industri penerbangan. Itu menyangkut jasa persewaan, perawatan dan perbaikan pesawat udara, menyangkut jasa persewaan pesawat udara dari luar daerah pabean, menyangkut impor dan penyerahan pesawat udara dan suku cadangnya," kata Darmin.

Meski begitu, dia belum menjelaskan persentase penurunan harga tiket pesawat LCC rute domestik. Alasan Darmin, penurunan baru bisa diketahui setelah maskapai menerima berbagai insentif dan menghitung tarif yang bisa dikurangi.

"Seminggu dari sekarang akan disampaikan masing-masing penerbangan [soal penurunan harga tiket]. Tapi, [penurunan] akan diumumkan masing-masing maskapai untuk LCC domestik," kata dia.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Addi M Idhom