Imlek 2023

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci untuk Libur Imlek

Kontributor: Citra Sari, tirto.id - 21 Jan 2023 09:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Harga tiket masuk ke pemandian air panas Guci di Tegal Jawa Tengah, dan letak lokasinya.
tirto.id - Sebentar lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Cina yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Menjelang cuti bersama, biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan saat libur adalah mengunjungi tempat wisata.

Salah satu rekomendasi lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat libur Imlek adalah pemandian Air Panas Guci.


Pemandian ini terletak di Desa Rembul, Ladang Hutan, Guci, kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Pemandian air panas Guci terlatak di lereng gunung Slamet pada ketinggian antara 1.050 m – 1.250 m dibawah permuakaan laut.

Selain menawarkan relaksasi dengan pemandian air panas, terdapat juga Guci Forest yang merupakan obyek wisata baru dengan pesona alam, dan spot-spot foto yang menarik.

Mengutip situs resmi Pemprov Jawa Tengah, sumber air panas ini mengandung banyak mineral yang berkhasiat untuk kesehatan.

Selain itu, air panas guci ini juga tidak menimbulkan bau, berwarna jernih, tidak mengeluarkan rasa dan mengalir terus menerus.

Selain menawarkan pemandian yang terbuka untuk umum, terdapat pula fasilitas pemandian air panas yang tertutup bagi Anda yang menginginkan privasi.

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat sekitar Guci, bahwa selama ratusan tahun air panas Guci merupakan air yang diberikan Walisongo kepada utusannya untuk menyiarkan agama Islam ke Tegal Jawa Tengah.


Lokasi ini dinamakan Guci karena waktu itu air tersebut diletakan di sebuah Guci atau Poci, dan dipercaya dapat mendatangkan berkat.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci


Harga tiket masuk ke pemandian air panas Guci cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp25 ribu per orang.

Mengutip situs resmi Guciforest.id, selain pemandian air panasnya, terdapat juga destinasi Bumi perkemahan Guci, yang menawarkan spot camping ground terbaik.

Anda juga bisa mengajak keluarga untuk mendirikan tenda dan menghabiskan waktu untuk berpetualangan.

Untuk harga tiket masuk Guci Forest belum termasuk biaya tambahan di setiap spot yang tersedia di dalamnya.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa persiapkan juga uang pas untuk biaya parkir di kawasan wisata tersebut.

Untuk jam operasional pemandian air panas dan Guci Forest buka mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Rekomendasi Hotel di Dekat Pemandian Guci


Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah Tegal, jangan khawatir Anda bisa mengunjungi penginapan di sekitaran obyek wisata Guci agar lebih dekat, seperti

1. Sun Q Ta Hotel Guci Tegal

Terletak di satu lokasi yakni Bumijawa, pemandian air panas Guci bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki sekitar 1 menit dari Sun Q Ta Hotel. Untuk harga kamar mulai dari Rp550.000 per malam.

2. Hollymoon Kampoeng Goetji 1930

Kompoeng Goetji 1930 dibangun sejak tahun 2021 dan mengambil konsep bangunan bernuansa jawa kuno, seperti joglo dan ukiran. Untuk harga mulai dari Rp1.600.000 per malam.

3. Hollymoon Sekar Ayu Hotel

Hotel ini memiliki 30 kamar dan terletak 5km tidak jauh dari lokasi pemandian air panas Guci. Fasilitas hotel juga menyediakan kolam renang air panas yang cocok untuk suasana dingin yang. Untuk harga kamar hotel mulai dari Rp225.000 per malam.








Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Citra Sari


Kontributor: Citra Sari
Penulis: Citra Sari
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight