Harga Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 & Redmi 5 Plus yang Baru Dirilis

Harga Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 & Redmi 5 Plus yang Baru Dirilis
Xiaomi Redmi 5, produk terbaru dari Xiaomi produsen smartphone Cina. FOTO/Xiaomi Indonesia
Reporter: Ibnu Azis
14 Februari, 2018 dibaca normal 2 menit
Redmi 5 Plus memiliki persamaan dengan Redmi 5 namun membawa peningkatan dengan harga jual sedikit lebih mahal.
tirto.id - Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akhirnya resmi diperkenalkan di Indonesia. Xiaomi melepas dua smartphone itu pada sebuah acara peluncuran di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/2/2018) siang. Apabila mengamati spesifikasi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, Xiaomi menjual dua perangkat tersebut dengan harga cukup terjangkau.

Sebelum dirilis resmi di Indonesia, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus terlebih dahulu menyambangi Taiwan. Harga smartphone tersebut dijual mulai 3.999 dolar Taiwan atau sekitar Rp1,9 juta untuk model 3/32GB (1 dolar Taiwan = Rp489 kurs per 14 Februari). Harga itu tidak jauh berbeda dengan harga jual Redmi 5 di Indonesia.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5


Perangkat ini menawarkan tampilan layar penuh atau "FullView" berkat aspek rasio layar 18:9 yang membuat Redmi 5 bazel less atau berbingkai tipis. Pada sisi desain, smartphone dual SIM ini tampak elegan dengan lengkungan kaca 2.5D di pinggiran tepinya.

Tampilan layar berkualitas tinggi hadir dalam resolusi HD yang dituangkan dalam diagonal 5,7 inci. Didesain dengan sudut melengkung, sangat cocok dengan cangkang body yang membuat feel perangkat ini nyaman saat digenggam.

Pada sektor dapur pacu, Redmi 5 ditenagai proseseor dari Qualcomm yang membenamkan chipset kelas menengah Snapdragron 450 dengan unit pemroses grafis Adreno 506. Jeroan ini dipadukan dengan RAM 2/3GB dan ROM 16/32GB plus slot kartu microSD.

Pada sektor catu daya, Redmi 5 dibekali baterai berkapasitas 3.300mAh tidak bisa dilepas dengan daya 5V/2A. Di sektor kamera, perangkat ini dipersenjatai kamera belakang 12MP (lensa 5 elemen, f/2.2, flash LED tunggal, PDAF, low light, HDR) dan kamera depan 5MP. Kedua kamera dilengkapi fitur pengenalan wajah atau face recognition.

Sektor lainnya, Redmi 5 tersedia fitur WiFi, Bluetooth, sensor sidik jari di bagian belakang, sensor giroskop, akselerometer, vibration, dan ambient serta GPS. Sayangnya slot microSD tidak dedicated sehingga pengguna harus memilih antara nano SIM + micro SIM atau micro SIM + kartu SD micro.

Xiaomi Redmi 5 hadir dalam model yang dibedakan dari kapasitas RAM serta ROM. Di model paling terjangkau, Xiaomi menjual Redmi 5 2/16GB di harga Rp1,699 juta. Sementara varian dengan kapasitas RAM dan ROM sedikit lebih besar, 3/32GB dijual Rp1,899 juta.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5 Plus


Redmi 5 Plus memiliki sejumlah persamaan dengan Redmi 5 namun membawa peningkatan di beberapa komponen dengan harga jual sedikit lebih mahal.

Pada sisi desain, tidak tampak perbedaan berarti kecuali dari layar yang diusung. Sama-sama memiliki rasio 18:9, Redmi 5 Plus hadir dengan layar lebih besar nyaris 6 inci beresolusi FHD kerapatan 403 piksel per inci. Xiaomi menyebut Redmi 5 Plus sebagai model Redmi dengan layar terbesar.

Layar Redmi 5 Plus juga hadir dengan panel kaca 2.5D dengan pinggiran bulat yang mulus. Gorilla Glass dari Corning disematkan untuk melindungi layar dari aktivitas gesekan serta anti baret.

Komponen lain yang berbeda datang dari sektor jeroan. Redmi 5 Plus ditenagai prosesor lebih kencang dari Redmi 5, yakni chipset dari Qualcomm, Snapdragrom 625 namun dengan jumlah inti (octa-core) dan GPU sama (Adreno 506).

Pada komponen baterai, Redmi 5 Plus membawa kapasitas baterai lebih besar 4.000mAh yang memiliki waktu standby 17 hari, 165 jam memutar lagu, 15 jam memainkan video, dan 9 jam untuk main game.

Redmi 5 dan Redmi 5 Plus usung kamera beresolusi sama, yakni 12MP (utama) dan 5MP (sekunder). Hanya saja, kamera utama Redmi 5 Plus dilengkapi dual LED flash dan mampu merekam video 4K.

Perbedaan lain, Redmi 5 Plus memiliki kapasitas RAM dan ROM lebih besar, yakni di model 3/32GB dan 4/64GB. Sektor lainnya, perangkat ini juga membawa sejumlah fitur yang dimiliki Redmi 5.

Xiaomi Redmi 5 Plus di model paling terjangkau dijual Rp2,199 juta untuk varian 3/32GB. Sementara model dengan kapasitas RAM dan ROM sedikit lebih besar, 4/64GB dijual Rp2,699 juta.

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ditawarkan dalam tiga varian warna, yakni gold, blue, dan black yang bisa mulai dibeli tanggal 22 Februari pukul 11.00 WIB. Xiaomi menyediakan tiga saluran pembelian online, yakni Lazada, JD.ID, dan Shopee serta di authorized Mi Store.



Baca juga artikel terkait XIAOMI REDMI 5 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - ibn/ibn)

Keyword