Harga, Spesifikasi, dan Perbedaan Xiaomi Mi 9 SE dengan Mi 9 Lite

Oleh: Muhammad Fadly - 18 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perbedaan Mi 9 SE dengan Mi 9 Lite terletak pada spesifikasi layar, kamera, chipset, memori, dan baterai.
tirto.id - Xiaomi punya beberapa versi untuk smartphone Mi 9, yang dua di antaranya adalah Mi 9 SE dan Mi 9 Lite. Mi 9 SE rilis bersamaan dengan Mi 9 pada Februari lalu, sedangkan Mi 9 Lite hadir tujuh bulan kemudian, tepatnya September 2019.

Sekilas, Mi 9 SE dan Mi 9 Lite identik terkait desain, tapi 'jeroannya' berbeda. Dua ponsel ini juga mengusung spesifikasi di bawah Mi 9 reguler. Artinya, harga jualnya pun jauh lebih rendah.

Apabila 2 perangkat itu dibandingkan, selain harga, ada empat hal yang berbeda terkait spesifikasi, yakni pada sektor layar, kamera, chipset, memori, dan baterai.


Berikut harga, sepesifikasi, dan perbedaan antara Mi 9 SE dan Mi 9 Lite, sebagaimana dilansir dari GSM Arena:

1. Layar

Mi 9 SE dan Mi 9 Lite sama-sama menggunakan tipe panel Super AMOLED yang dilapisi kaca antigores Corning Gorilla Glass 5. Bedanya, versi SE punya diagonal 5,97 inci, sedangkan versi Lite lebih besar yaitu 6,39 inci. Layar dua ponsel ini sama-sama beresolusi FHD+.

Layar Mi 9 SE dan Mi 9 Lite tersemat notch berdesain waterdrop sebagai letak kamera depan.

2. Chipset

Meski Mi 9 SE dan Mi 9 Lite sama-sama menggunakan chipset produksi Qualcomm, tipe serinya berbeda. SE pakai Snapdragron 712, sedangkan di Lite mengadopsi Snapdragron 710. Namun, untuk kartu grafisnya setara, yakni Adreno 616.

3. Memori

Mi 9 SE tak dibekali slot microSD yang menemani penyimpanan internal 64GB atau 128GB. Di Lite, slot ini ada, tapi tak dedicated, maksimal 256GB. Adapun opsi ROM-nya 64GB atau 128GB. Dua ponsel ini juga punya kapasitas RAM identik, yakni 6GB.


4. Kamera

Mi 9 SE dan Mi 9 Lite sama-sama tertanam total 4 buah kamera, yakni 3 di belakang dan 1 di depan. Versi SE punya konfigurasi kamera belakang 48MP, 8MP, dan 13MP, sementara kamera selfie-nya 20MP.

Di versi Lite tak jauh berbeda, yakni 48MP, 8MP, dan 2MP untuk kamera belakang, sementara kamera depannya 32MP.

5. Baterai

Mi 9 Lite dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar, yakni 4.030 mAh, sementara di SE hanya 3.070 mAh. Kedunya didukung fitur fast charging berdaya 18W via USB Type-C saat mengisi daya.

Sebagai informasi, Mi 9 SE dan Mi 9 Lite tak masuk Indonesia. Bila menjumpai dua ponsel ini dijual di e-commerce atau toko offline, bisa dipastikan bahwa perangkat itu tak resmi.

Adapun harga Mi 9 SE dan Mi 9 Lite berbeda tergantung wilayah pemasaran. Di AS misalnya, Mi 9 Lite dijual mulai 264 dolar AS, sementara Mi 9 SE dibanderol mulai 192 dolar. Dua ponsel ini bisa dibeli di eBay.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadly
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Muhammad Fadly
Penulis: Muhammad Fadly
Editor: Ibnu Azis
DarkLight