Harga PlayStation 5 yang Rilis 19 November, PS 5 Mulai Rp5,9 Juta

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
PlayStation 5 atau PS 5 akan rilis di seluruh dunia pada 19 November 2020 dengan harga mulai Rp5,9 juta.
tirto.id - PlayStation 5 atau PS5 akan rilis pada November 2020 dengan harga $499 (sekitar Rp7,4 juta) dan $399 (Rp5,9 juta) untuk varian tanpa disk drive. Pengumuman harga tersebut menjadi awal pertarungan akhir tahun antara Xbox dan PlayStation.

PlayStation 5 dan Xbox Series X memiliki harga yang sama, tetapi PlayStation 5 Digital Edition seharga $399 "menawarkan diskon substansial dalam hal kinerja atau perangkat keras," ujar analis di perusahaan analisis game Newzoo, Guilherme Fernandes, seperti dikutip Antara News.

Sony, yang membuat perubahan gaya dari generasi terakhir ke PlayStation 5 yang didominasi warna putih, menawarkan versi tanpa disk drive karena unduhan digital menjadi populer saat ini.

Sejumlah judul game yang akan datang diluncurkan untuk konsol tersebut termasuk eksklusif "Final Fantasy XVI" dari Square Enix, game "God of War" baru dari Santa Monica Studio milik Sony dan sebuah game role-playing "Harry Potter."

Pengumuman tersebut menambah deretan game di PlayStation setelah terungkapnya sejumlah judul, termasuk "Marvel's Spider-Man: Miles Morales" dari studio in-house Insomniac Games pada bulan Juni. Game tersebut juga akan tersedia di PlayStation 4, menurut Sony.

Jajaran game Sony yang "fantastis" menunjukkan mereka "bertaruh lebih agresif pada game eksklusif" sementara "Microsoft berfokus pada harga yang lebih murah untuk membawa pengguna ke ekosistem Xbox," kata pendiri konsultan industri game Kantan Games, Serkan Toto.

Selain Xbox Series X, Microsoft juga telah mengonfirmasi kehadiran konsol dengan harga lebih terjangkau Xbox Series S dengan harga $299 atau sekitar Rp4,4 juta.

Dengan kedua perusahaan berusaha untuk mendorong pendapatan berulang, Sony mengatakan pelanggan PlayStation Plus akan memiliki akses ke katalog game "jadul" PlayStation 4.

Pendapatan industri game tumbuh di antara konsumen yang tinggal di rumah karena pandemi COVID-19, membantu meningkatkan saham Sony sebesar 46 persen sejak posisi terendah pada Maret.

Menuju musim belanja akhir tahun "Anda menyeimbangkan ekonomi yang lemah dengan kebutuhan yang lebih tinggi untuk menghibur diri di rumah," kata analis Creative Strategies, Carolina Milanesi.

PlayStation 5 akan mulai dijual pada 12 November 2020 di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan, dan pada 19 November 2020 di seluruh dunia.

Spesifikasi PS 5


Kehadiran PS5 merupakan penyegaran dari generasi terdahulu, yakni PlayStation 4 (PS4). Pembaruan paling kentara ada pada tampilannya yang kini mengusung desain vertikal dan tak lagi didominasi dengan warna hitam.


Dalam acara peluncurannya juga diperlihatkan bahwa PS4 akan tersedia dua varian, yakni versi standard dan Digital Edition yang berukuran lebih ramping lantaran tanpa drive optik.

Dari segi dapur pacu, PS5 memiliki jeroan yang berbeda dengan PS4. Konsol anyar itu menggunakan CPU AMD Zen 2 octa-core, GDDR6 16GB, serta GPU kustom berbasis AMD RDNA 2, sebagaimana ditulis TechRadar.

Sementara pada PS4 disematkan CPU AMD Jaguar octa-core, GDDR5 8GB, dan CPU AMD Radeon. Penyimpanan internal kedua konsol pun cukup berbeda yakni, PS4 HDD 500GB atau 1TB, sedangkan PS5 SSD 825 GB dengan performa 5,5GB/detik.

Dalam urusan gambar, PS5 juga sudah mendukung grafis 8K dan 4K pada refresh rate 120Hz, ditambah pula dengan sistem audio 3D yang menambah kesan permainan lebih hidup.

PS5 dilengkapi pula dengan controller DualSense yang memiliki sejumlah fitur seperti immersive haptic feedback, dynamic adaptive triggers, dan built-in microphone.

Controller ini didesain berwarna putih-hitam selaras dengan tampilan PS5. Tata letak D-pad, analog dan tombol lain masih sama seperti controller PS4, DualShock 4, begitu pula dengan touchpad yang berada di sisi tengah.

Sony juga merilis aksesori untuk PS5 antara lain charging station DualSense, kamera HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan remote. PS5 rencananya dijual pada musim liburan tahun ini, tetapi Sony belum mengungkap tanggal pastinya, demikian ditulis The Verge.

PlayStation 5

CPU : 3,5 GHz AMD Zen 2 octa-core
GPU : AMD RDNA 2 10.28 TFLOPs
RAM : GDDR6 16GB
Memori Internal : SSD 825 GB, speed 5,5GB/s
Grafis : 8K dan 4K pada refresh rate 120Hz
Controller : DualSense


Baca juga artikel terkait PLAYSTATION 5 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight