Harga OPPO R17 Pro Nyaris Rp10 Juta, Apa Keunggulannya?

Oleh: Ibnu Azis - 4 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Keunggulan OPPO R17 Pro pada tiga sektor, yakni performa peranti keras dan lunak, kemampuan kamera, serta keindahan desain.
tirto.id - R17 Pro menjadi smartphone pertama OPPO pada tahun 2019 di Indonesia. Ponsel ini dijual dengan harga cukup mahal, nyaris Rp10 juta. Lantas, apa keunggulan dari spesifikasi yang diusung OPPO R17 Pro?

Smartphone terbaru OPPO ini merupakan anggota terbaru seri "R" yang diklaim OPPO sebagai seri terlaris di dunia. Seri ini memiliki kekuatan pada perpaduan tiga hal.

Perpaduan tersebut antara lain performa peranti keras dan lunak, kemampuan kamera, serta keindahan desain. Tiga hal itu sekaligus menjadi keunggulan yang ditawarkan R17 Pro. Selengkapnya sebagai berikut ini.

Desain Gradasi Menawan

Bermula dari perangkat R15 Nebula Purple, OPPO memimpin industri smartphone dengan inovasi warna gradasi yang kemudian menjadi tren. Ini sesuai dengan prinsip OPPO untuk menciptakan perangkat dengan desain artistik yang unik.

Melanjutkan tren tersebut, R17 Pro dibalut gradasi dua arah dengan warna ungu dan biru muda. Gradasi warna tersebut dibentuk menggunakan lapisan kondensasi cahaya yang memberikan efek laju cahaya pada permukaan perangkat.


Fotografi Berkualitas

Kamera utama R17 Pro memiliki keunggulan pemotretan malam hari yang dapat menghasilkan foto lebih terang, detail, dan tajam, kendati dalam kondisi kurang cahaya. Keunggulan tersebut dapat terwujud berkat dukungan teknologi terkini, yakni AI Ultra-clear Engine, Sony IMX 362 (sensor), diafragma ganda, lensa 7P, termasuk OIS.

AI Ultra-clear Engine memaksimalkan kualitas bidikan malam hari. Sensor utama Sony IMX 362 dengan besaran 12 megapiksel dan teknologi dual-pixel, memungkinkan fokus kamera lebih cepat dan akurat. Besaran sensor 1/2.55 serta 1.4-micron pixel mendukung foto malam hari yang lebih baik dan rendah noise.

Diafragma ganda F/1.5 dan F/2.4 dapat berubah secara otomatis untuk menyesuaikan momen pengambilan gambar dengan kondisi cahaya. Kemampuan diafragma tersebut dapat memastikan gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih, baik dalam kondisi terang maupun kurang cahaya.

Sementara OIS (Optical Image Stabilisation) dapat membuat pengambilan gambar lebih stabil. Adapun lensa 7P dapat membuat gambar tampil lebih tajam untuk pemotretan malam hari.

Untuk kamera depan, R17 Pro memiliki resolusi 25 megapiksel dengan sensor Sony IMX576 yang dilengkapi diafragma F/2.0 dan didukung real-time HDR.

Kehadiran HDR sensor ini dapat memberikan hasil yang baik ketika pengguna mengambil foto dalam kondisi latar cahaya yang kuat. Selain itu, kamera depan R17 Pro juga menyediakan delapan juta skema kecantikan yang mampu mencocokkan karakteristik wajah pengguna.


Peranti Lunak

R17 Pro membawa RAM 8GB dan memori penyimpanan internal 128GB berjenis UFS 2.1. Berpadu dengan sitem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1, perangkat ini dapat melakukan multitasking secara mulus. OPPO R17 Pro juga memiliki dual slot Nano-SIM 4G dengan dukungan jaringan VoLTE.

R17 Pro menjadi smartphone pertama di Indonesia yang bertenaga Snapdragon 710. Memiliki delapan inti berkecepatan 2,2 Ghz dan dibuat dengan fabrikasi 10 nanometer, prosesor ini menawarkan efisiensi daya yang unggul, masa pakai baterai yang tahan lama, dan pengalaman penggunaan perangkat yang lebih baik.

Arsitektur Kryo 360 pada Snapdragon 710 yang dibangun di atas teknologi ARM Cortex, yang memungkinkan peningkatan kinerja perangkat hingga 20% secara keseluruhan, penelusuran web 25% lebih cepat, dan waktu peluncuran aplikasi 15% lebih cepat, jika dibandingkan dengan seri Snapdragon 660.


R17 Pro merupakan perangkat pertama OPPO yang mengadopsi Corning Gorilla Glass generasi ke-6. Teknologi layar ini memiliki resistansi jatuh ke permukaan kasar dari ketinggian satu meter rata-rata 15 kali, yang berarti dua kali lipat lebih kuat dibandingkan Gorilla Glass 5.

Untuk keamanan, R17 Pro dilengkapi dengan pemindai sidik jari tersembunyi di bawah layar yang memudahkan pengguna pada saat membuka kunci keamanan.

Selain itu, R17 Pro juga mendukung NFC, notch dengan desain tetesan air atau waterdrop screen, serta pengisian daya super cepat SuperVOOC Flash Charge, yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya 40% hanya dalam waktu 10 menit.

Adapun R17 Pro resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta, Kamis (3/1/2018). Pihak OPPO Indonesia optimistis bahwa R17 Pro menjadi solusi bagi profesional muda akan sebuah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Kami yakin OPPO R17 Pro dapat mendukung para profesional muda Indonesia untuk beraktivitas secara lebih efektif dan efisien, baik ketika bekerja maupun bersosialisasi," ujar Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight