Harga Nokia 5.1 Plus Rp2 Jutaan, Apa Keunggulannya?

Oleh: Ibnu Azis - 2 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebagai perangkat Android One, Nokia 5.1 Plus menawarkan antarmuka "bersih" kaya fitur, bebas bloatware, aman, dan jaminan pembaruan berkala.
tirto.id - HMD Global, pemegang lisensi smartphone merek Nokia, belum lama ini memboyong Nokia 5.1 Plus ke Indonesia. Dibanderol dengan harga Rp2.599.000, apa keunggulan spesifikasi perangkat ini?

Apabila dilihat secara keseluruhan, maka daya pikat Nokia 5.1 Plus terletak pada lima sektor, yakni layar, desain, perangkat keras, kamera, dan perangkat lunak. Berikut ini keunggulan satu demi satu kelebihan tersebut.

Keunggulan Nokia 5.1 Plus

Nokia 5.1 Plus mengusung layar 5,8 inci HD+ dengan aspek rasio 19:9 tersemat "poni" atau notch di bagian tepi atasnya. Perangkat ini menawarkan pengalaman layar penuh berkat desain edge-to-edge. Panel depan tak tersemat satu tombol pun dengan navigasi di area layar.

Desain Nokia 5.1 Plus memiliki ujung melengkung di setiap sudutnya demi kenyamanan saat digenggam. Tombol volume dan power tersemat di samping kiri bodi untuk kemudahan dalam pengoperasiannya. Panel depan pun dibekali kaca 2,5D untuk membuat tampilan perangkat ini lebih elegan.

Untuk menunjang kinerjanya, Nokia 5.1 Plus disokong chipset Helio P60 dari MediaTek berkonsep octa-core dua clutser, masing-masing 4 x A73 1,8 GHz dan 4 x A53 1,8 GHz. Dapur pacu ini dipadukan RAM 3GB, dengan penyimpanan internal 32GB yang bisa diperluas hingga 400GB via microSD. Tak kalah menarik, Nokia 5.1 Plus sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru, 9 Pie.


Di sektor fotografi, Nokia 5.1 Plus dibekali kamera utama ganda, masing-masing 13MP aperture f/2.0 serta fitur PDAF dan 5MP sebagai sensor kedalaman. Tersemat pula LED Flash di bagian belakang. Sementara untuk kamera depan, mengandalkan resolusi 8MP bukaan f/2.2 untuk memuaskan hasrat selfie pengguna.

Terakhir, untuk perangkat lunak, karena Nokia 5.1 Plus merupakan perangkat Android One, maka mengusung tiga keunggulan, yakni, OS Android "murni" bebas bloatware, aman dengan update security patch berkala, dan jaminan pembaruan up-to-date.

Mengutip informasi dari laman Nokia Indonesia yang diakses Sabtu (2/2/2019), smartphone Android One "digaransi" tiga tahun pembaruan keamanan bulanan dan dua tahun peningkatan untuk membantu perangkat tetap aman. Selain itu, Android One menawarkan antarmuka bersih kaya fitur.

Spesifikasi Nokia 5.1 Plus

Spesifikasi teknis Nokia 5.1 Plus selain yang telah disebutkan di atas, perangkat ini memiliki ketebalan hanya 8mm dengan sokongan baterai 3.060mAh. Menariknya, ponsel ini sudah mendukung port USB Type-c untuk transfer data termasuk saat mengisi dayanya.

Hadir pula sensor biometrik sidik jari yang tersemat di bagian belakang di bawah kamera termasuk sensor-sensor lainnya, seperti cahaya ambien, jarak, akselerometer, dan giroskop. Nokia 5.1 Plus juga mendukung jack audio 3,5mm serta konektivitas lengkap, mulai LTE Cat 4 WiFi, Bluetooth 4.2, dan navigasi (GPS/AGPS/GLONASS/BDS/Galileo).

Harga Nokia 5.1 Plus

Tersedia dalam varian warna hitam, putih, dan biru, laman Nokia Indonesia menunjuk peritel terpilih bagi konsumen yang ingin membeli Nokia 5.1 Plus secara online, yakni di e-commerce Bibli, Dinomarket, Erafone, dan Tokopedia.

Dari empat e-commerce itu, hanya Erafone yang menawarkan harga lebih miring, Rp2.399.000.

Nokia 5.1 Plus masuk Indonesia menyusul "kakaknya", Nokia 6.1 Plus yang lebih dulu dipasarkan pada Oktober tahun lalu. Mengusung spesifikasi lebih tinggi, Nokia 6.1 Plus yang juga perangkat Android One, "digaransi" pula menerima dua kali pembaruan Android hingga "dua huruf".

"[Nokia 6.1 Plus] Saat diluncurkan O [Android Oreo] maka akan digaransi mendapat Q [Android Q] setelah P [Pie]," kata Head of Marketing Indonesia for HMD Global Miranda Vania Warokka pada 19 Oktober 2018.


Baca juga artikel terkait NOKIA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis