Harga iPhone X Per Juli 2019 Mulai Rp16 Juta, Masih Layak Dibeli?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 23 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
iPhone X yang dirilis pada 2017, saat ini harganya masih belasan juta. Masih layak dibeli di 2019?
tirto.id - iPhone X adalah smartphone kelas atas yang menawarkan konsep desain jauh berbeda jika dibandingkan iPhone generasi sebelumnya. iPhone X tampil dengan notch pada tepi atas panelnya dan tidak tertanam tombol Home. Apple pertama kali memperkenalkan ponsel ini pada September 2017.

Harga iPhone X terbaru per Juli 2019 di Indonesia adalah Rp16.499.000 untuk varian 64GB dan Rp19.399.000 untuk varian 256GB. iPhone X garansi resmi masih dapat dijumpai di retail offline yang masuk dalam authorized reseller Apple dan juga toko online Erafone.

Harga yang ditawarkan memang masih cukup tinggi, tetapi masih layak dipertimbangkan. Performa iPhone X masih cukup tinggi dan bersaing dengan ponsel flagship lainnya. Tak hanya itu, spesifikasi iPhone X sendiri tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan iPhone XR yang lebih baru.

Apple membekali iPhone X dengan layar sentuh berukuran 5,8 inci beresolusi 1.125 x 2.436 dan menggunakan panel OLED yang telah mendukung wide color gamut, Dolby Vision, HDR10, dan 3D Touch. Layar ponsel ini dilindungi antigores berupa scratch resistant glass dan oleophobic coating.

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone X menjalankan sistem operasi iOS 11.1.1 dan saat ini telah mendapat upgrade OS ke iOS 12.3. Ponsel ini juga dibekali fitur keamanan canggih berupa Face ID yang menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Sektor fotografi jadi salah daya tarik iPhone X dengan dukungan kamera iSight ganda berkekuatan 12 megapiksel. Kameranya juga diperkuat sensor 1/3 inci dengan lensa aperture f/1.8, OIS, dan didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF).

Kamera kedua iPhone X berkekuatan 12 megapiksel sebagai telephoto yang memungkinkan 2x optical zoom dan juga didukung fitur PDAF dan OIS.

Kamera depan iPhone X bisa dikatakan biasa saja beresolusi 7MP dengan lensa aperture f/2.2 untuk sekadar kebutuhan foto selfie. Ponsel ini juga dibekali kamera depan 3D TOF untuk face recognition. Kamera belakang iPhone X mampu merekam video dengan resolusi 2K dan slow-motion hingga 240fps. Sedangkan kamera depan dapat merekam video FHD 30fps.

Performa iPhone X terbilang kencang di masanya dengan dukungan prosesor Apple A11 Bionic berkonsep hexa-core 2,39GHz, terdiri dari dual-core Monsoon dan quad-core Mistral dan ditandemkan RAM 3GB. Kemampuan iPhone X dalam memainkan game cukup andal berkat dukungan Apple GPU yang mengusung triple-core.

iPhone X tersedia dalam dua varian media penyimpanan, yakni 64GB dan 256GB, serta tidak dilengkapi dengan slot microSD. Ponsel ini didukung baterai berkapasitas 2.716mAh didukung fast charging Power Delivery 2.0 yang mampu mengisi daya baterai 50% dalam 30 menit.


Baca juga artikel terkait IPHONE X atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight