Harga Google Pixel 4 Mulai 11 Juta, Spek 2 Kamera & Kontrol Gesture

Oleh: Ibnu Azis - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Spesifikasi Google Pixel 4 di sektor kamera kini sudah pakai lensa telephoto, harga mulai Rp11 juta.
tirto.id - Generasi keempat Google Pixel, yakni Pixel 4 dan Pixel 4 XL, resmi meluncur di New York, AS, Selasa (15/10/2019) waktu setempat. Ada 3 hal yang jadi sorotan di Pixel 4, yakni layar 90Hz, lensa telephoto baru, dan kontrol gesture.

Seperti tradisi sebelumnya, spesifikasi Pixel 4 dan Pixel 4 XL identik, yang berbeda hanya pada ukuran layar dan kapasitas baterainya. Dua ponsel ini tak ternoda notch, tapi konsekuensinya memiliki jidat cukup tebal.

Di jidat itu Google menanamkan kamera depan, beragam sensor termasuk Motion Sense untuk kontrol gesture. Sementara untuk bezel bawah cukup tipis, sehingga Pixel 4 seakan tak simetris antara bezel jidat dan dagunya.

Simak pengenalan Google Pixel 4 dalam video singkat berikut:


Layar 90Hz

Pixel 4 punya panel dengan kemampuan refresh rate 90Hz sehingga mampu menampilkan kualitas visual mulus. Menariknya, untuk menghemat konsumsi daya, refresh rate-nya dapat menurun otomatis saat tak dibutuhkan jadi 60Hz, GSM Arena melansir.

Layar Pixel 4 menggunakan tipe OLED dan mendukung AOD atau Always On Display termasuk HDR. Panelnya juga dibekali fitur Ambient EQ yang dapat melacak cahaya untuk mengoptimalkan warna guna pengalaman pengguna lebih baik saat menatap layar.

Sementara untuk ukuran layar, Pixel 4 mengusung diagonal 5,7 inci resolusi FHD+, sedangkan Pixel 4 XL punya diagonal lebih luas, yakni 6,3 inci dengan resolusi QHD+.

Selain ukuran layar, yang berbeda antara Pixel 4 dan Pixel 4 XL adalah kapasitas baterainya. Versi XL tertanam kapasitas lebih besar yaitu 3.700 mAh, sedangkan Pixel 4 reguler hanya 2.800mAh.

Kontrol Gesture

Fitur ini menarik namun tak baru. Sebab, Samsung Air Gesture di Galaxy S4 pada 2013 silam sudah mengadopsinya. Kontrol gesture memungkinkan pengguna Pixel 4 menavigasi ponsel tanpa harus menyentuh layar perangkat.

Meski begitu, Google menawarkan lebih dari itu. Kontrol gesture didesain berdasarkan teknologi Project Soli yang bisa melakukan banyak hal. Tak sekadar navigasi perangkat, kontrol ini dapat pula mendeteksi apa yang akan dilakukan pengguna.

Melansir The Verge, kontrol gesture bahkan mampu menyiapkan kamera sebelum pengguna menjangkau Pixel 4. Berkat teknologi itu pula, Pixel 4 diklaim punya face unlock tercepat, lantaran prosesnya sudah dimulai sebelum pemiliknya hendak memegang perangkat

Fitur lainnya, kontrol gesture juga memungkinkan pemilik Pixel 4 melakukan banyak hal, misalnya menolak panggilan masuk, memilih musik, memilih foto atau video di galeri, dan apa pun itu hanya dengan lambaikan tangan.

Simak kecanggihan teknologi kontrol gesture di Pixel 4 berikut:


Lensa Telephoto Baru

Tak afdal jika berbicara soal Google Pixel tanpa menyinggung soal kualitas kamera. Di Pixel 4, Google seakan siuman dan tak lagi kukuh dengan tradisi kamera tunggal. Kini ponsel andalan Google sudah pakai kamera ganda.

Pixel 4 maupun Pixel 4 XL tertanam kamera belakang 12MP dan satu lagi kamera 16MP sebagai lensa telephoto. Lensa ini punya kemampuan 2x hybird zoom yang menggabungkan zoom digital serta optik.

Dua kamera itu diletakkan dalam satu bingkai di pojok kiri atas punggung Pixel 4. Uniknya, tak ada lensa ultra-wide di sini. Google beragumen, konsumen lebih butuh telephoto daripada lensa tersebut.

Ini cukup aneh lantaran lensa ultra-wide umum diadopsi di beberapa smartphone populer. Bahkan, iPhone 11 pun menanamkan lensa itu. Sementara, kamera utama Pixel 4 mampu merekam video hingga kualitas 4K 30fps dan 120fps untuk slow-motion kualitas 1080p.

Untuk kamera selfie, Pixel 4 mengandalkan kamera 8MP yang didukung teknologi 3D termasuk guna fitur face unlock. Seperti pendahulunya, tak ada sensor sidik jari di Pixel 4. Kamera selfie-nya juga mendukung fitur bokeh.

Simak kecanggihan fitur kamera di Pixel 4 berikut:


Spesifikasi lainnya, Pixel 4 didukung fitur fast charging berdaya 18W via USB Type-C saat mengisi daya. Ponsel ini juga dapat dicas via Qi wireless charger atau pengisian daya nirkabel. Tentunya, Pixel 4 sudah menjalankan OS Android paling terbaru, Android 10.

Untuk performa, dua versi Pixel 4 bertenaga chipset Snapdragon 855 Plus, chip Qualcomm tergegas saat ini, yang disandingkan bersama RAM 6GB dan 8GB untuk mendongkrak kinerjanya. Adapun penyimpanan internal tersedia dua opsi, 64GB dan 128GB.

Mengutip Google Store, Pixel 4 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Just Black, Clearly White, dan Oh So Orange. Warna terakhir diproduksi terbatas.

Mengenai harga, Pixel 4 dijual mulai 799 dolar AS (Rp11,3 juta), sedangkan Pixel 4 XL mulai 899 dolar AS (Rp12,7 juta). Dua ponsel ini sudah bisa dipesan di AS dan akan mulai dikirim pada 24 Oktober (kurs Rp14.183).

Belum ada keterangan dari Google mengenai ketersediaan Pixel 4 di Indonesia. Berkaca dari pemasaran Pixel sejak generasi pertama, kecil kemungkinan Pixel 4 bakal diboyong ke Tanah Air.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight