Menuju konten utama

Harga CBR1000RR SP di Indonesia dan Spesifikasi Lengkapnya

Harga Honda CBR1000RR SP dibanderol Rp699.000.000 untuk OTR Jakarta.

Harga CBR1000RR SP di Indonesia dan Spesifikasi Lengkapnya
Honda CBR1000RR SP. (FOTO/hondacengkareng.com)

tirto.id - Honda CBR1000RR SP menjadi perbincangan publik usai viralnya foto insiden kecelakaan yang melibatnya motor Honda merek Jepang ini dengan mobil Daihatsu Ayla.

Terlepas dari insiden kecelakaan itu, Honda CBR1000RR SP merupakan salah satu varian dari kelas big bike Honda. Dikutip dari website Honda, harga CBR1000RR SP dibanderol Rp699.000.000 untuk on the road (OTR) Jakarta.

Motor Honda CBR1000RR SP ini dibekali dengan mesin canggih berkapasitas 1000 CC, suspension system Ohlins, teknologi pengereman canggih dengan caliper rem depan Brembo.

Selain itu, spesifikasi suspensi depan upside down OHLINS NIX30 dan suspensi belakang OHLINS TTX36 berkolaborasi dengan swingarm tipe “Gul-Wing” berbahan alumunium untuk menghasilkan Balance-Free Rear Cushion (pertama di dunia).

Pada bracking system, Honda CBR1000RR SP mengusung sistem pengereman canggih Combined-ABS dikontrol secara elektronis, dilengkapi dengan kaliper rem depan BREMBO Monobloc 4 piston (pertama di dunia), teknologi eC-ABS untuk supersport bike.

Motor Honda ini juga memiliki special tire yang siap melesat cepat di sirkuit maupun jalan raya dengan daya cengkeram tinggi dari ban Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium.

Spesifikasi lainnya yakni Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D) yang merupakan teknologi canggih yang secara elektronis mengontrol karakteristik damping force berdasarkan kecepatan dan akseslerasi untuk menghasilkan handling kuat dan stabil (pertama di dunia, Hydraulic Steering Damper yang dikontrol secara elektronis).

Spesifikasi Mesin Honda CBR1000RR SP:

Jenis Mesin : Liquid-Cooled, 4-Stroke, 16-Valve, DOHC, Inline 4-cylinder

Displacement : 1000 cc

Carburation : PGM-DSFI (Programmed Dual Stage Fuel Injection)

Bore x Stroke : 76 mm x 55.1 mm

Tipe Transmisi : 6-Speed

Compression Ratio : 13 : 1

Tenga Maksimim : 141 kW/13,000 rpm

Torsi Maksimum : 116 Nm/11,000 rpm

Tipe Starter : Electric Starter

Kapasitas Oli : 3.4 Liters

Jenis Kopling : Wet, Multiplate with Diaphragm Spring with Assist Slipper

Honda CBR1000RR-R Fireblade

Honda juga memiliki CBR1000RR-R Fireblade yang mengaspal di Indonesia pada Agustus lalu. Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, Honda CBR1000RR-R Fireblade mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport Honda, serta mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V.

Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Honda CBR1000RR-R Fireblade memiliki desain agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika. Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan futuristik. Terdapat winglet yang diturunkan dari Honda RC213V untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat berakselerasi, atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Cover tangki bahan bakar didesain agar pengendara bisa mendapatkan posisi paling ideal untuk mengurangi hambatan angin.

Sasis utama Honda CBR1000RR-R Fireblade mengguanakan bahan aluminium, mendekap mesin lebih baik untuk memperbaiki kelincahan berkendara. Jarak sumbu roda (wheelbase) dibuat lebih panjang, yakni 1.455 mm (sebelumnya 1.405 mm), demi kestabilan saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Sensasi ”racy” didapat dari posisi berkendara yang baru. Setang lebih maju, sementara pijakan kaki (footstep) dibuat semakin naik dan mundur. Semua informasi pada panelmeter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT, bisa dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara.

Keunggulan utama Honda CBR1000RR-R Fireblade adalah performa. Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5 mm). Tenaga maksimalnya naik menjadi 160 kW @14.500 rpm (sebelumnya 141 kW), dan torsi maksimal mencapai 113 Nm @12.500 rpm.

Piston kini terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Kini, masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibadingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya.

Detail lain, camshaft diberi lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

Teknologi baru pada superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, sistem sirkulasi air pendingin yang dialirkan lansung dari radiator tepat menuju komponen utama ”water jacket”. Lalu, terdapat New Multi-point Piston Jet, teknologi yang mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Tugasnya menjaga temperatur piston dan mengurangi gesekan berlebih.

AHM menawarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dalam dua varian, tipe STD dengan warna hitam (Matte Pearl Morion Black), dan tipe SP dengan warna khas Honda Tricolor. Keduanya dipasarkan dengan harga Rp990.000.000 (tipe STD) dan Rp.1.100.000.000 (tipe SP), on the road wilayah Jakarta.

Daftar Harga Honda CBR1000RR untuk OTR Jakarta:

Harga Honda CBR1000RR - Rp599.000.000;

Harga Honda CBR1000RR SP - Rp699.000.000;

Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade (Tipe STD) - Rp990.000.000;

Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade (Tipe SP) - Rp.1.100.000.000.

Baca juga artikel terkait HONDA CBR1000RR SP atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Otomotif
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH