Hanya 9 Pemain yang Mampu Lewati Wan-Bissaka Musim Lalu

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 27 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Di Liga Inggris musim 2018/2019, Aaron Wan-Bissaka bermain dalam 35 pertandingan dan hanya 10 kali dilewati pemain lawan.
tirto.id - Transfer Aaron Wan-Bissaka ke Manchester United dilaporkan sudah disepakati pihak Crystal Palace. Menurut laporan BBC, Setan Merah telah menyepakati mahar senilai 50 juta paun untuk bek kanan berusia 21 tahun tersebut. United tinggal menyelesaikan kesepakatan personal dengan Wan-Bissaka dan sudah menyodorkan kontrak bergaji 80.000 paun per pekan.

Lulusan akademi Crystal Palace ini memang sosok yang dibutuhkan Ole Gunnar Solksjaer di sisi kanan pertahanan. Sepeninggal Antonio Valencia, Solksjaer sebenarnya masih memiliki Matteo Darmian, Ashley Young, dan Diogo Dalot di pos bek kanan. Namun kualitas tiga pemain tersebut masih kalah dari Wan-Bissaka.

Di Liga Inggris musim 2018/2019, bek muda andalan Roy Hodgson tersebut menorehkan catatan mengesankan. Dari 35 pertandingan, Wan-Bissaka hanya pernah dilewati 10 kali, dan hanya sembilan pemain lawan yang berhasil menggiring bola melewatinya.

Sebagaimana dirangkum Squawka, sembilan pemain tersebut adalah Leroy Sane & Bernardo Silva (Manchester City), Stuart Armstrong (Southampton), Felipe Anderson (West Ham), Sadio Mane (Liverpool), Luciano Vietto (Fulham), Son Heung-Min (Tottenham), Ademola Lookman (Everton), dan Johann Berg Gudmundsson (Burnley). Dari sembilan pemain ini pun hanya Sane yang mampu dua kali melewati Wan-Bissaka.

Koresponden The Guardian, Dominic Fifield pun menyebut pembelian Wan-Bissaka akan menjadi langkah bagus bagi Setan Merah. Ia menilai, hanya butuh waktu dan kesabaran untuk menunggu bek muda itu bersinar di Old Trafford. Dalam tulisannya, Fifield juga mengutip pengakuan Wilfried Zaha atas kemampuan Wan-Bissaka.

"Anda berpikir bahwa Anda melewatinya, tetapi dia cukup kuat untuk tiba-tiba melakukan tekel dalam langkah terakhir," ucap Zaha dilansir The Guardian.

Di Liga Inggris musim lalu, Wan-Bissaka menorehkan statistik pertahanan yang amat baik dengan 84 intersep dan 129 tekel--ketiga terbanyak di kompetisi. Jumlah tekel Wan-Bissaka hanya kalah dari Idrissa Gueye dan Wilfried Ndidi yang merupakan gelandang bertahan.

Wan-Bissaka pun memenangi 66,05% (249) dari 377 duel di Liga Inggris musim ini. Catatan tersebut masuk 10 besar pemain (dengan 100+ duel) dengan persentase kemenangan duel terbaik. Wan-Bissaka menjadi satu dari tiga fullback yang masuk dalam 10 besar tersebut, bersama para bek tengah tangguh seperti Virgil van Dijk, Harry Maguire, Joel Matip, Shane Duffy, Jan Vertonghen, dan Wes Morgan.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim