Hampir 200 Nakes di Kudus Terinfeksi COVID-19

Penulis: Gilang Ramadhan, tirto.id - 3 Jun 2021 09:04 WIB
Sebanyak 196 nakes terinfeksi COVID-19, 23 orang di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit.
tirto.id - Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang terinfeksi COVID-19 bertambah menjadi 196 orang pada Rabu (2/6/2021). Jumlah itu bertambah dari semula 143 nakes yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Jumlah nakes yang terpapar COVID-19 memang bertambah menjadi 196 orang, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kudus beserta sekretarisnya serta Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit juga terkonfirmasi positif COVID-19," kata Pelaksana harian Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kudus Agus Budi Satriyo dikutip dari Antara.

Karena ada tenaga kesehatan yang gugur, maka jumlah nakes aktif positif COVID-19 berkurang menjadi 195 orang.

Petugas melakukan penelusuran kontak erat guga mencegah penularan makin meluas, salah satunya di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus yang ditemukan banyak kasus. Hal serupa juga dilakukan di sejumlah perkantoran di lingkungan Pemkab Kudus.

Perkantoran yang memiliki banyak kasus COVID-19 menerapkan kebijakan bekerja dari rumah bagi aparatur sipil negara (ASN). Kemudian sterilisasi perkantoran dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan.

"Jika sebelumnya masih ditemukan ASN saat di perkantoran lepas masker, maka mulai saat ini diperketat lagi," ujarnya.

Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi menambahkan dari 196 nakes yang terpapar, sebanyak 23 orang di antaranya menjalani perawatan.

Jumlah nakes yang terpapar sebelumnya sebanyak 143 orang, dengan jumlah yang dirawat sebanyak 15 orang. Nakes yang terpapar COVID-19 tersebut berasal dari belasan Puskesmas dan beberapa rumah sakit.


Baca juga artikel terkait NAKES POSITIF COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight