Hal yang Sering Dibicarakan Selama 2018: Logan Paul Hingga Aquaman

Oleh: Alifa Justisia - 21 Desember 2018
Dibaca Normal 3 menit
Sejumlah topik yang jadi pembicaraan dunia selama 2018, dari Logan Paul hingga Aquaman.
tirto.id - Logan Paul mendapat kritik bertubi-tubi karena video yang ia unggah di YouTube soal hutan Aokigahara. Kasus itu menjadi perbincangan di jagat dunia maya karena Paul dianggap tidak menghormati orang yang sudah meninggal karena bunuh diri.

Selain Logan, nama-nama seperti Ratu Elizabeth II, Jeff Bezos, Bill Cosby, hingga film Aquaman menjadi perbincangan hangat, oleh hampir semua warganet selama 2018.

Berikut ini rangkuman beberapa peristiwa yang sempat mencuri perhatian publik selama 2018, seperti dirangkum On This Day:

Sanksi untuk Logan Paul dari Youtube Atas Video Aokigahara

Vlogger asal California, Logan Paul diberi sanksi karena videonya di Hutan Aokigahara yang diunggah pada Desember 2017. Paul dikecam karena aksinya menertawakan mayat yang ia temukan di 'suicide forest' itu.

Setelah mempertimbangkan dengan saksama, YouTube memutuskan untuk menangguhkan akun pria berusia 23 tahun ini dan menghapusnya dari Google preferred.

Melalui Twitter, Paul mengunggah video permintaan maaf kepada publik dan berkata perbuatannya tidak pantas untuk dimaafkan. Logan Paul dikenal sebagai vlogger yang mempunyai tingkah laku konyol dan sering membuat prank.

Ratu Elizabeth II Tampil Mengejutkan di London Fashion Week

Ratu Britania Raya, Ratu Elizabeth II membuat kaget dengan kunjungan mendadaknya di London Fashion Week. Ratu Elizabeth tampil dengan menggunakan jaket berwarna biru pucat dan gaun rancangan Angela Kelly dilengkapi dengan sarung tangan hitam dan tas berwarna senada.

Dilansir dari Elle, ini adalah kali pertama sang Ratu datang di acara London Fashion Week.

Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia Versi Majalah Forbes

Pendiri Amazon, Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia tahun 2018 versi majalah Forbes. Dalam list-nya, Bezos mengalahkan Bill Gates, Warren Buffett, Mark Zuckerberg, hingga Larry Ellison.

Total kekayaannya mencapai 112 miliar dolar AS. Sedangkan Bill Gates pemilik software Microsoft yang telah digeser urutan pertamanya oleh Bezos memiliki kekayaan sebesar 90 dolar AS

Bill Cosby Bersalah Atas Kasus Pelecehan Seksual

Bill Cosby dinyatakan bersalah atas tuduhan penyerangan seksual. Kasus ini merebak setelah Andrea Costard melaporkan perbuatan Cosby yang membiusnya dan melecehkan Costard di rumah pria yang dijuluki 'American's Dad' ini.

Sidang dilaksanakan pada tahun 2017 namun kemudian berhenti begitu saja karena sidang dibatalkan. Gerakan bertagar #MeToo muncul atas inisiatif para wanita yang menjadi korban Cosby, demikian seperti dikutip dari Vox.

Liam dan Emma Nama Bayi Terpopuler 2017

Diumumkan pada di laman situs Facebook Live, Social Security Administration, Liam dan Emma dinobatkan sebagai nama bayi terpopuler tahun 2017 di Amerika Serikat.

Sebelumnya, nama Emma telah berada di posisi nama favorit bayi perempuan teratas selama 3 tahun berturut-turut, sedangkan nama Liam berada di posisi kedua nama bayi laki-laki.

Social Security Administration setiap tahunnya merilis nama bayi terpopuler US pada Hari Ibu di Amerika Serikat.

Drake Merilis Album Studio Kelimanya dengan Album Ganda

Drake merilis album kelimanya, Scorpion pada bulan Juni lalu. Album ini memiliki fitur Side A dan Side B-kemungkinan akan dipisah untuk masing-masing memperdengarkan saat Drake melakukan rap dan bernyanyi.

Album ini terdiri dari 25 lagu dengan dua judul andalannya, God's Plan dan Nice For What. Dimasukkannya dua single ini menjanjikan Scorpion akan sukses di awal debut. Album ini telah diputar secara streaming lebih dari satu miliar, demikian seperti dikutip Rolling Stone.

Souad Abderrahim terpilih menjadi wali kota pertama di Tunis, Tunisia

Souad Abderrahim, seorang manajer farmasi terpilih menjadi wali kota di ibukota Tunisia, Tunis. Wanita berusia 53 tahun ini menang dengan suara sebanyak 26, sementara saingan terberatnya mendapatkan 22 suara.

Menurut situs The National, Abderrahim memulai karirnya dengan independen di bawah daftar Ennahda, partai tradisional konservatif, dalam pemilihan kota pertama sejak revolusi 2011 pada bulan Mei.

Sementara sejumlah wanita semakin terlibat dalam politik Tunisia, perkembangan di Tunis merupakan tonggak penting yang signifikan.

Crazy Rich Asians Gelar Pemutaran Perdana di Los Angeles

Crazy Rich Asians melakukan pemutaran perdana pada Agustus di Los Angeles dan dihadiri oleh para pemain. Crazy Rich Asians menjadi film Hollywood pertama yang melibatkan orang Asia untuk mengambil seluruh pemeran di film ini.

Sebagaimana diwartakan Channel News Asia, Crazy Rich Asians berdasarkan buku terlaris New York Times yang ditulis Kevin Kwan.

Crazy Rich Asians menampilkan pemain internasional Asia mulai dari Michelle Yeoh, Constance Wu, Henry Golding, Gemma Chan, Awkwafina dan Ken Jeong, bersama seorang warga Singapura pemeran pembantu.

Film ini telah sukses di pasaran dan meraup keuntungan lebih dari 100 juta dolar AS.

Amazon jadi Perusahaan Miliaran Dolar Kedua di Amerika

Perusahaan dagang online raksasa, Amazon menembus angka satu triliun dolar AS mengikuti Apple yang telah mendahului.

Dalam laporan yang ditulis Business Insider, saham raksasa e-commerce ini naik sekitar 2 persen dalam perdagangan dan mencapai nilai tertinggi sepanjang masa 2.050,27 dolar AS. Dikalikan dengan jumlah saham yang beredar (487.741.189), yang menempatkan nilai buku perusahaan ini melebihi dari tonggak pertama yang didapatkan Apple sebulan yang lalu.

Amazon dulunya hanya menjual buku-buku dengan basis online, kemudian melebarkan sayapnya di penjualan gadget, iklan, web services, dan lain-lain.

Pengumuman Peraih Penghargaan Nobel 2018

Denis Mukwege dan Nadia Murad dinyatakan sebagai peraih Nobel Perdamaian atas perjuangannya di bidang pemberantasan Hak Asasi Manusia kejahatan wanita, anak-anak, dan kaum tertentu di dunia perang.

Para peraih Nobel diumumkan pada bulan Oktober untuk diundang dalam upacara penerimaan penghargaan di Oslo, Norwegia, pada bulan Desember 2018

Premiere Film Aquaman di London

Premiere film Aquaman digelar pada bulan November di Leicester Square, London. Acara ini dihadiri bintang-bintang film besutan DC Comic, seperti Jason Momoa, Amber Heard, Yahya Abdul-Mateen II, dan Patrick Wilson.

Gaya berbusana Amber Heard mencuri perhatian publik dengan menggunakan hiasan kepala yang menyerupai topi renang berarna hijau zamrud dan tampil serasi dengan gaunnya yang berwarna senada.

Pernikahan Priyanka Chopra dan Nick Jonas

Priyanka Chopra dan Nick Jonas resmi menikah pada 1 Desember 2018. Pernikahan pasangan Bollywood-Hollywood ini dirayakan secara meriah di kampung halaman Chopra, di Jodhpur, Rajasthan. Paul Kevin Jonas, Sr, ayah Nick, memimpin pemberkatan nikah.

Mereka menggelar dua kali acara pernikahan, yaitu secara Kristen dan Hindu mengikuti keyakinan keduanya yang berbeda. Pesta resepsi mereka digelar dua kali di Mumbai untuk kalangan tertentu saja.

Baca juga artikel terkait INDUSTRI HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Dipna Videlia Putsanra