Hal yang Harus Dicermati Sebelum Putuskan Hapus Akun Facebook

Oleh: Yulaika Ramadhani - 27 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Setiap hubungan memiliki batas puncak untuk berakhir. Bahkan relasi kita dengan Facebook.
tirto.id - Serangkaian skandal facebook dua tahun terakhir cukup membuat para penggunanya menyerah dan memutuskan untuk menghapus akunnya. Sebagaimana kita tahu, sebelumnya facebook telah memanen data pribadi lebih dari 50 juta warga AS dan setidaknya satu juta warga Inggris. Informasi pribadi ini disalahgunakan untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden AS 2016 dan referendum Brexit Inggris.

Serta yang terbaru: laporan New York Times yang menyampaikan, tumpukan data pengguna facebook kembali dipanen dan dibagikan kepada perusahaan-perusahaan seperti Apple, Netflix, dan Amazon.

Oleh karena ini juga semakin banyak orang mengatakan akan menghapus akun Facebooknya, atau setidaknya mempertimbangkan keputusan tersebut.

Meskipun pihak Facebook telah mencoba mengatasi beberapa masalah ini, namun bagi beberapa pengguna itu sama sekali tidak cukup.

Namun, sekeras apa pun usaha untuk berhenti, terkadang kita dengan mudah untuk kembali lagi menggunakan media sosial ini karena beragam alasan, mulai dari alasan kebutuhan berkomunikasi dengan keluarga hingga faktor kebutuhan bisnis.

Beberapa hal yang butuh dipertimbangkan sebelum menghapus akun facebook kita adalah 'menyelamatkan' data-data yang telah kita upload.

Sebagaimana dilansir AP, facebook memungkinkan kita untuk mengunduh data yang telah kita bagikan dengan Facebook sejak pertama bergabung. Ini termasuk postingan status dan foto, serta "log aktivitas", dan seluruh riwayat yang telah kita lakukan di Facebook, seperti riwayat 'like/suka' dan komentar pada postingan seseorang. Selain itu penggunaan aplikasi dan pencarian, termasuk informasi profil Anda, pesan, daftar teman dan iklan yang telah kita klik juga bisa diunduh.

Setelah kita menyimpan semuanya dan membaca log aktivitas, kita bisa masuk untuk yang terakhir kalinya. Selanjutnya pergi ke http://bit.ly/198wIoI dan klik tombol biru.

Facebook mengatakan proses ini bisa memakan waktu beberapa hari. Facebook mengatakan perlu hingga 90 hari untuk menghapus semua data dalam akun kita. Permintaan penghapusan akun ini akan dibatalkan jika kita mencoba masuk kembali selama rentang waktu tersebut.

Jika kita menggunakan akun Facebook untuk aplikasi dan situs pihak ketiga, kita akan memerlukan nama pengguna dan kata sandi baru untuk masing-masingnya.

Namun, jika Anda belum siap untuk benar-benar menghapus akun, pilihan menonaktifkan akun Anda adalah sebuah opsi bagus.

Untuk melakukan ini, buka pengaturan akun Anda. Ketika akun sudah non-aktif, maka orang lain tidak akan dapat melihat profil Anda. Dan akan kembali aktif jika Anda masuk login kembali.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani