Hal-Hal Menarik di Film Ready or Not: Horor Berdarah Usai Menikah

Oleh: Sirojul Khafid - 29 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hal-hal menarik dari film Ready or Not: premis unik dari horornya pernikahan
tirto.id - Ready or Not, kisah horor tentang petak umpet pengantin baru, sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia.

Dilansir Variety, film ini memulai debutnya dengan pendapatan 1,95 dolar Amerika Serikat (AS).

Sampai hari ini, film yang tayang perdana di Fantasia International Film Festival ini, berada dalam posisi enam daftar Box Office.

Berikut hal-hal menarik dari film Ready or Not.

  • Premis cerita horor yang unik

Ready or Not bercerita tentang tradisi turun-temurun dari sebuah keluarga untuk pengantin baru. Daniel dan Grace baru saja menikah. Sesuai tradisi keluarga Daniel, Grace, sebagai mempelai perempuan harus mengikuti permainan petak umpet. Grace harus bersembunyi dari keluarga besar Daniel di rumah yang super megah.

Saat mencari Grace dalam permainan, para anggota keluarga diperbolehkan membawa senjata tajam. Apabila Grace ditemukan, anggota keluarga ini boleh membunuhnya. Permainan sepele namun berubah jadi mengerikan.

Mau tidak mau, Grace harus terlibat dalam permainan. Dengan gaun yang dia kenakan, Grace mempersiapkan segala peralatan, mulai dari senjata, perlindungan dan alat navigasi.

Walaupun horor, ada beberapa bagian yang lucu. Dalam akun twitternya, Stephen King menuliskan bahwa film ini menakutkan dan lucu.

“Dan sinematografi filmnya juga indah.” Guillermo del Toro juga menuliskan bahwa selain menyeramkan dan lucu, film ini juga pintar. “Samara Weaving tampil hebat di dalamnya.”

  • Pemeran utama yang menjanjikan
Pemeran perempuan utamanya adalah Samara Weaving. Sebelum berperan di film ini, dia pernah bermain dalam film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri(2017), Mayhem (2017), Monster Trucks (2017), The Babysitter (2017), dan Mystery Road (2013). Dalam situs Rotten Tomatoes, selain Monster Trucks, semua film yang pernah dia perankan mendapat skor di atas 72 persen.

Sampai saat ini, Samara Weaving telah mendapatkan empat penghargaan dan tiga nominasi. Salah satu penghargaan yang dia dapatkan saat ajang Chicago Independent Film Critics Circle Awards tahun 2017, melalui film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

  • Film Fox Searchlight dengan Jangkauan Terluas
Menurut The Hollywood Reporter, Ready or Not menjadi film dari Fox Searchlight yang memiliki jangkauan penayangan terluas. Film ini didistribusikan oleh Disney setelah studio tersebut mengakuisisi Fox.

Pada pembukaannya, Ready or Not tayang di 2.244 bioskop di Amerika Utara.

  • Diproduksi oleh sutradara yang konsen dalam pengolahan genre horor
Ready or Not merupakan karya sutradara Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett. Sebelum menjadi sutradara Ready or Not, Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett merupakan sutradara dan penulis naskah yang sering membuat film bersama. Karya-karya mereka bisa terlihat dalam Devil's Due (2014), Southbound (2016) dan V/H/S (2012).

Film ini juga merupakan debut penulis naskah Guy Busick dan R. Christopher Murphy.

  • Raih rating tinggi
Beberapa media yang konsen dalam dunia perfilman memberikan nilai yang cukup baik pada film Ready or Not. Situs Rotten Tomatoes memberikan skor 88 persen untuk film dengan label “R” ini. Sementara penonton memberikan skor 81 persen. IMDb memberikan skor 7,3 dari 10. Situs Metacritic memberikan penilaian 63.

Baca juga artikel terkait FILM THRILLER atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight